Jokowi Minta Semua Pihak Korbankan Kepentingan Pribadi Demi Masyarakat Luas

  • Bagikan
Jokowi Minta Semua Pihak Korbankan Kepentingan Pribadi Demi Masyarakat Luas
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka takbiran pada malam Idul Adha 1442 H yang digelar secara daring, Senin (19/7) malam. Orang nomor satu di republik ini mengajak perayaan Hari Raya Kurban digelar sederhana karena pandemi Covid-19 yang belum terkendali.

“Hari Raya Idul Adha tahun ini kita peringati secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, namun tidak mengurangi kekhidmatan kita dalam menyampaikan rasa syukur dan segala puji bagi Allah SWT,” kata Jokowi seperti dikutip dari siaran langsung Takbir Akbar Hari Raya Idul Adha 1442 H secara virtual, Senin (19/7/2021).

Jokowi mengajak seluruh pihak untuk mengorbankan kepentingan pribadi demi masyarakat luas. Dia mengatakan, pandemi Covid-19 perlu dijadikan momentum untuk lebih banyak berkorban.

“Di tengah pandemi saat ini kita perlu kesediaan lebih banyak berkorban lagi, mengorbankan kepentingan pribadi dan mendahulukan kepentingan masyarakat serta sesama,” katanya.

Kepala Negara mengajak semua pihak untuk menguatkan solidaritas. Yaitu dalam semangat persaudaraan ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah insaniah.

“Yang akan mampu melipatgandakan energi kita untuk menghimpun kekuatan optimis untuk bangkit bersama, kita optimalkan ikhtiar lahiriah dan juga ikhtiar batiniah,” kata eks Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi mengajak semua masyarakat berikhtiar untuk mematuhi protokol kesehatan. Kemudian, mengisolasi diri bagi yang bergejala Covid-19.

“Kita ikhtiar bersama dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengisolasi diri bagi yang bergejala dan memberikan bantuan untuk sesama,” ucapnya.

Menurut Jokowi, Idul Adha mengandung pesan-pesan mulia dan pesan pengorbanan serta kemanusiaan. Selain itu, mengandung pesan universal yang tetap aktual dan patut menjadi pegangan di saat bangsa dan negara menghadapi pandemi seperti sekarang.

“Nabi Ibrahim AS telah mewariskan keteladanan mengingatkan betapa pentingnya keimanan dan ketakwaan, keikhlasan berkorban tanpa keraguan demi menjalankan perintah Allah SWT,” ucapnya.

Jokowi mengajak masyarakat untuk memetik hikmah dari pengorbanan Nabi Ibrahim AS. Rakyat diajak berdoa dan bertakbir dari rumah masing-masing, serta berikhtiar agar pandemi segera berlalu.

“Mari kita bersama sama memohon pertolongan Allah SWT memohon kesembuhan saudara-saudara kita yang sedang sakit, memberikan kekuatan kepada saudara saudara kita yang sedang melakukan tugas tugas kemanusiaan,” ucapnya.

“Semoga Allah SWT memberikan kesabaran dan kekuatan bagi kita semua dalam menghadapi segala ujian dan cobaan, semoga Allah SWT meridai dan memudahkan semua upaya dan langkah langkah kita sampai kita mencapai kemenangan melawan pandemi Covid-19 ini, amin amin ya Rabbal Alamin,” pungkasnya.[prs]

  • Bagikan