Connect with us

Hukum

Jaksa Agung Resmi Lantik Laksamana Muda Madya (Laksdya) TNI Anwar Saadi ebagai Jaksa Agung Muda bidang Pidana Militer

Diterbitkan

Pada

Jaksa Agung Resmi Lantik Laksamana Muda Madya (Laksdya) TNI Anwar Saadi ebagai Jaksa Agung Muda bidang Pidana Militer
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kejaksaan Agung telah melantik Laksamana Muda Madya (Laksdya) TNI Anwar Saadi sebagai Jaksa Agung Muda bidang Pidana Militer (Jampidmil) pada Kejaksaan Agung pertama di Indonesia.

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin berharap, Anwar dapat membantu Korps Adhyaksa menjadi lembaga penegak hukum yang bersih dan profesional, transparan, akuntabel dan berwibawa.

“Saya hari ini melantik Jaksa Agung Muda bidang Pidana Militer pertama. Pembentukan Jaksa Agung Muda bidang Pidana Militer ini merupakan manifestasi amanat Undang-undang Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer,” kata Burhanuddin, dalam sambutannya, Rabu (14/7/2021).

Burhanuddin, akui tugas Jampidmil tidaklah mudah, karena 23% dari seluruh perkara yang ditangani oleh Korps Adhyaksa merupakan kasus koneksitas. Jaksa Agung mengakui, kasus-kasus itu belum diproses secara baik.

Untuk itu dengan adanya Jampidmil bisa menghilangkan dualisme kebijakan yang cenderung membuat disparitas pemidanaan yang dilakukan oleh objek dan tempat yang sama serta bisa menjawab seluruh problematika yang ada.

“2.726 atau 23% dari 12.017 perkara atas tindak pidana koneksitas yang belum diselesaikan secara koneksitas,” sebut Burhanuddin.

Dalam penuntasan perkara koneksitas itu Anwar harus berkoordinasi dengan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus, Jaksa Agung Muda Pidana Umum dan Jaksa Agung Muda Pembinaan. Dia pun diharapkan dapat menuntaskan perkara sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

“Saya tahu tugas anda ke depan berat, sebagai pioneer anda dituntut bekerja cepat,” tambah Burhanuddin.

Setelah dilantik, Burhanuddin meminta, Anwar untuk segera menunjuk asisten pidana militer di tiap Kejaksaan Tinggi. Dengan begitu, Burhanuddin berharap pembentukan nomenklatur baru di tubuh Kejaksaan itu mampu menyelesaikan semua perkara pidana militer.

“Hadirnya Jampidmil mampu menyelerasi penanganan perkara pidana militer yang mencerminkan keadilan serta pemberian kepastian hukum,” tandas Burhanuddin.

Presiden Joko Widodo membentuk Jampidmil pada Kejaksaan Agung. Pembentukan nomenklatur baru di tubuh Korps Adhyaksa itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan Republik Indonesia. Aturan ini menggantikan Perpres Nomor 38 Tahun 2010.

Pasal 62A pada Perpres tersebut tertulis bahwa Jabatan Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer merupakan jabatan yang dapat diisi oleh Pegawai Negeri Sipil atau prajurit Tentara Nasional Indonesia yang memiliki kompetensi dan keahlian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemudian, Pasal 25C pada aturan itu menyebut, dalam melaksanakan tugas dan wewenang sebagaimana, Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer menyelenggarakan fungsi. Pertama, perumusan kebijakan di bidang koordinasi teknis penuntutan yang dilakukan oleh oditurat dan penanganan perkara koneksitas. Kemudian, pelaksanaan koordinasi teknis penuntutan yang dilakukan oleh oditurat dan penegakan hukum dalam penanganan perkara koneksitas.

Kemudian, penanganan perkara koneksitas, koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang teknis penuntutan yang dilakukan oleh oditurat dan penegakan hukum dalam penanganan perkara koneksitas. Lalu, pelaksanaan hubungan kerja dengan instansi atau lembaga baik di dalam negeri maupun di luar negeri di bidang koordinasi teknis penuntutan yang dilakukan oleh oditurat dan penanganan perkara koneksitas serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Terakhir, pemantauan, analisis, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas koordinasi teknis penuntutan yang dilakukan oleh oditurat dan penanganan perkara koneksitas; dan pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Jaksa Agung.

Dalam aturan itu, ada sebelas struktur dalam Perpres tersebut berurutan mulai Jaksa Agung, Wakil Jaksa Agung, Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan, Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen, Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum, Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus, Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan, Badan Pendidikan dan Pelatihan, Staf Ahli, dan Pusat. (ilm)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hukum

Jaksa Tuntut Eks Mensos Juliari Batubara 11 Tahun Penjara

Diterbitkan

Pada

Jaksa Tuntut Eks Mensos Juliari Batubara 11 Tahun Penjara
Baca Berita

Headline

Data BRI Life Diretas dan Dijual di Internet

Diterbitkan

Pada

Penulis

Data BRI Life Diretas dan Dijual di Internet
Pakar keamanan siber Pratama Persadha (ist/net)
Baca Berita

Headline

Bareskrim Komjen Pol Agus Andrianto Selidiki Kebocoran Data Nasabah BRI Life

Diterbitkan

Pada

Penulis

Bareskrim Komjen Pol Agus Andrianto Selidiki Kebocoran Data Nasabah BRI Life
Baca Berita
Loading...