Ini, Formasi Seleksi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA Sederajat

Realitarakyat.com – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dibuka mulai hari ini, Rabu (30/6) sampai (21/7).

Sebanyak 570 instansi meliputi 53 kementerian dan lembaga, 33 pemerintah provinsi dan 484 pemerintah kabupaten/kota, membuka rekrutmen CPNS dan PPPK tahun ini.

Jumlah formasi yang dibuka pada sejumlah instansi tersebut mencapai 689.623. Mulai hari ini, calon peserta dapat menelusuri formasi dan jalur yang diinginkan. Peserta hanya bisa memilih satu formasi dan jalur dalam seleksi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan seleksi CPNS dan PPPK terbuka untuk lulusan SMA pada formasi tertentu.

“Untuk SMA itu spesifik. Untuk sipir, penjaga tahanan atau penjaga rutan. Tidak perlu keahlian khusus,” katanya, Kamis (18/3).

Berikut beberapa instansi yang membuka formasi untuk lulusan SMA:

1. Kementerian Perhubungan
Kementerian Perhubungan membuka 2.445 formasi yang tersebar di seluruh unit kerja kementerian. Seleksi dilakukan dengan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). “Pendidikan mulai dari SLTA sampai dengan S2,” tulis akun Instagram resmi @kemenhub151.

2. Badan SAR Nasional (Basarnas)
Basarnas membuka 248 formasi untuk lulusan SMA dan sederajat. Formasi tersebut meliputi rescuer pemula, nakhoda, mualim kapal, masinis, markonis, kelasi kapal, juru mudi, dan juru minyak.

3. Kejaksaan Agung
Kejaksaan Agung membuka dua jabatan CPNS untuk lulusan SMA. Yakni, 496 formasi tenaga administrasi penanganan perkara dan 494 formasi pengawal tahanan/narapidana.

4. Kementerian Hukum dan HAM
Kementerian Hukum dan HAM membuka 4.558 formasi yang terdiri dari 253 formasi tenaga kesehatan dan 4.305 formasi tenaga teknis. Formasi yang disediakan terbuka bagi peserta dengan ijazah dengan jenjang pendidikan SMA sederajat hingga S2.

Untuk peserta dengan ijazah jenjang pendidikan SM dan sederajat, dapat mengisi jabatan penjaga tahanan atau pemeriksa keimigrasian.[prs]