Connect with us

Uncategorized

DPR RI Berduka, Jimmy Demianus Ijie Tutup Usia, Berikut Profilnya

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota DPR RI Dapil Papua Barat, Jimmy Demianus Ijie meninggal dunia, Jum’at (23/7/2021) sekitar pukul 22.08 WIT.

Iya betul informasi yang beredar, beliau Bung Jimmy Ijie telah berpulang ke pangkuan Bapa di Sorga. Yang jelas kami merasa sangat kehilangan, karena Bung Jimmy Demianus Ijie bukan sekedar senior dan mentor, tapi juga motivator bagi kami tanpa memandang latar belakang, ruang diskusi selalu beliau buka untuk menemukan solusi dari sebuah masalah,” ujar Staf Ahli Anggota DPR RI, Yosep Titirlolobi, Jum’at (23/7/2021).

“Terakhir membantu menyekolahkan 25 anak Papua untuk sekolah advokat, karena beliau berpendapat bahwa anak Papua itu hanya kejar PNS, ada sektor lainnya yang masih sedikit anak Papua jadi menurut beliau harus mengarahkan dan membantu anak Papua menjadi pengacara” tambah Yosep.

Yosep menjelaskan, tidak perlu mendapat perawatan di Jakarta, namun karena adanya PPKM, maka untuk sementara mengunjungi RS Wahidin Sudirohusodo Makassar, menunggu pencabutan PPKM di Jakarta.

“Meskipun telah mendapat perawatan, Tuhan berkehendak lain dengan memanggil pulang Bung Jimmy ke istirahat terakhir yang abadi,” tulisnya.

Yosep belum dapat memastikan terkait dengan rencana pencarian Jimmy Demianus Ijie, sebab jika jenazah tersebut tiba di Sorong nanti akan dilakukan pertemuan dengan pihak keluarga untuk rencana pemakaman.

Riwayat Hidup Jimmy

Jimmy Demianus Ijie lahir di Fategomi, Kabupaten Maybrat Papua Barat, 21 Maret 1968. Dia berdomisili di Manokwari, Ibu Kota Provinsi Papua Barat.

Bicara soal pengalaman organisasi, Jimmy pernah menjadi Ketua DPD PDI Perjuangan Papua Barat Periode 2010-2015.

Lalu, menjadi Ketua Dewan Pimpinan Provinsi HKTI Papua Barat 2007-sekarang. Kemudian menjadi Ketua Pengprov Perbasi Papua Barat 2006 hingga sekarang.

Jimmy Demianus Ijie menjadi satu-satunya anak asli putra Papua Barat pertama yang menjadi Anggota DPR RI.

Pada 18 Juli 2017, Jimmy dilantik sebagai Anggota DPR-RI periode 2014-2019 mewakili Dapil Papua Barat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) setelah posisi ini vakum selama 2,5 tahun.

Pada masa kerja 2014-2019, Jimmy bertugas di Komisi II yang membidangi kepemiluan, otonomi daerah dan reforma agraria.

Pada Januari 2018, terjadi mutasi internal partai dan Jimmy berpindah tugas ke Komisi 1 yang membidangi intelijen, luar negeri dan pertahanan.

Pendidikan

Jimmy Demianus Ijie mengenyam pendidikan SD YPK Pison Fategomi, Kabupaten Maybrat Papua Barat pada 1980.

Lalu dia melanjutkan pendidikan SMP di Negeri I Nabarua Papua pada 1985 , sementara massa SMA dia habiskan di YPPK St Agustinus Sorong Papua Barat pada 1988.

Selepas lulus, pria kelahiran Fategomi, Kabupaten Maybrat Papua Barat ini melanjutkan kuliahnya di Fakultas Kedokteran Gigi UNHAS pada 1988-1993 dan Fakultas Hukum Universitas Jakarta pada 2009.

Karir Politik

Perjalanan politiknya terbilang cukup cemerlang. Pada 2010-2015, dia pernah menjadi Ketua DPD PDIP Papua Barat.

Selanjutnya menjadi Ketua Dewan Pimpinan Provinsi HKTI Papua Barat 2007-sekarang, Ketua DPRD Provinsi Irian Jaya Barat Periode 2004-2009.

Pernah menghadiri pembentukan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) di Jakarta pada 1998. AMP adalah sebuah organisasi mahasiswa Papua di Jawa yang memperjuangkan kemerdekaan untuk Papua.

Selain itu, anggota DPR RI periode 2019-2024 ini juga terlibat di Irian Jaya Crisis Center (IJCC) pada 2003 dan menjadi Sekjen Komnas Reaktivisasi Provinsi Irian Jaya Barat (2002).(Din)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uncategorized

Wujudkan Bentuk Hukum Ideal, Bamsoet: PPHN harus Punya Legal Standing yang Kuat

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketua MPR Bambang Soesatyo (ist/net)
Baca Berita

Uncategorized

Wapres: Pandemi Berdampak pada Penambahan Miskin Ekstrem

Diterbitkan

Pada

Penulis

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin (ist/net)
Baca Berita

Uncategorized

Komisi III Akan Tanya Kemenkumham di RDP Soal Tenggelamnya Kapal Milik DitjenPas

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil (ist/net)
Baca Berita
Loading...