Connect with us

DPR

DPR Apresiasi Ditjen Lapas Kemenkumham yang Lakukan Vaksinasi Ke Warga Binaan Lapas

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Padjalangi mengapresiasi Direktorat Jenderal Lembaga Permasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Polri yang secara bertahap memvaksinasi warga binaan di berbagai wilayah di Pulau Jawa,

Dia menilai para warga binaan sangat rentan terpapar COVID-19 karena jumlah kapasitas lapas yang sudah melebihi kapasitas (“overload”) dan harus berdesakan di dalamnya.

“Warga binaan termasuk dalam kelompok paling berisiko terhadap COVID-19. Karena itu vaksinasi ke depan harus dilakukan di seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali,” kata Andi Rio dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (28/7/2021).

Dia meminta Kemenkumham dan Polri harus dapat memperhatikan ketersediaan stok vaksin COVID-19 untuk warga binaan agar dapat divaksinasi secara keseluruhan guna mencegah penyebaran Covid-19 di lembaga permasyarakatan (lapas).

Andi Rio meminta lapas dapat melakukan vaksinasi secara terukur agar tidak terjadi kepadatan karena banyak lapas di Indonesia yang kondisinya melebihi kapastitas sehingga dipastikan sulit menjaga jarak.

“Harus dapat dipastikan protokol kesehatan tetap diterapkan, baik di dalam lapas dan saat program vaksinasi seperti melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala di dalam lapas,” ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu meminta Kemenkumham harus dapat melakukan berbagai upaya dan strategi untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di lapas dan rumah tahanan (rutan).

Dia meminta seluruh petugas lapas dan rutan tidak lengah dan sigap memberikan pelayanan kesehatan apabila ada warga binaan maupun petugas yang terpapar COVID-19 agar virus tersebut tidak meluas.

“Jangan sampai ada napi atau petugas yang terpapar namun tidak mendapatkan perhatian dan pelayanan, mengingat ini menyangkut keselamatan jiwa warga binaan,” katanya.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Gegara Puan Canda Dengan Warga, Pangdam Jaya sampai Tertawa, Begini Candaannya

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

DPR

Mulai Tingkat DPRD Kabupaten Kota Hingga DPR RI Fraksi NasDem Gelar Workshop Nasional Bahas Revisi Perpres Nomor 33 Tahun 2020 di Makassar

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

DPR

Diduga Ada Pembekakan Biaya, Herman Khaeron: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Perlu Diaudit

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron (ist/net)
Baca Berita
Loading...