Di Acara SOM, Indonesia-Selandia Baru Sepakat Perkuat Kerjasama Perdagangan

  • Bagikan
Di Acara SOM, Indonesia-Selandia Baru Sepakat Perkuat Kerjasama Perdagangan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Indonesia dan Selandia Baru percaya untuk memperkuat kerja sama di sektor perdagangan, sebagai salah satu hasil dari pertemuan Senior Officials’ Meeting (SOM) ke-10 secara berani Kamis yang lalu.

Diskusi yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Abdul Kadir Jailani bersama Deputy Secretary Americas and Asia Group Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru Mark Sinclair.

“Dalam pertemuan kedua negara perkuat komitmen untuk mencapai target perdagangan bilateral sebesar IDR 40 triliun (NZD 4 miliar) di tahun 2024,” jelas Kemlu RI dalam laman resmi yang dikutip Redaksi, Minggu (25/07/2021).

Selandia Baru menyampaikan dukungan terhadap Pacific Exposition ke-2 yang akan diadakan di Indonesia secara virtual pada 27-30 Oktober 2021.

“Kedua negara berharap penyelenggaran Pacific Exposition ke-2 dapat berkontribusi pada pemulihan pemulihan ekonomi di Pasifik,” tambah keterangan itu.

Di bidang Investasi Kementerian Luar Negeri RI mendorong peningkatan investasi Selandia Baru ke Indonesia, khususnya dalam sektor energi terbarukan.

Kedua negara penting untuk menjaga perdamaian dan keamanan, serta memajukan prinsip-prinsip dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific di kawasan, termasukitas ASEAN. Indonesia dan Selandia Baru juga berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di Kawasan Pasifik.

Indonesia dan Selandia Baru telah menjalin kemitraan secara komprehensif sejak tahun 2018.

Setiap tahun, kedua negara menyelenggarakan pertemuan di tingkat pejabat senior (SOM) untuk membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama serta implementasi Plan of Action for the Indonesia-New Zealand Comprehensive Partnership.(ilm)

  • Bagikan