Dasco Minta Kementerian Lain Ubah Fasilitas Serupa Asrama Haji Jadi Tempat Penanganan Covid

  • Bagikan
Dasco Minta Kementerian Lain Ubah Fasilitas Serupa Asrama Haji Jadi Tempat Penanganan Covid
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena meninjau kesiapan Asrama Haji Pondok Gede yang akan difungsikan menjadi fasilitas COVID-19. DPR menggandeng sejumlah pengurus BEM untuk membantu Kementerian Agama.

Dalam kunjungan ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (5/7/2021), Dasco dan Melki ditemani langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Turut hadir sejumlah pengurus BEM antara lain kordinator pusat BEM Nusantara dan BEM SI, dari GEMA hingga koordinator nasional Menwa.

“Kami memantau langsung ditemani Pak Menteri Agama mengenai kesiapan Asrama Haji Pondok Gede yang akan dijadikan fasilitas perawatan baik penderita maupun yang isolasi mandiri. Walaupun dengan waktu yang sangat singkat, persiapan cukup matang dan sudah siap dioperasikan,” ujar Dasco.

Dasco menyebut ada baiknya kementerian lain yang punya fasilitas serupa asrama haji turut membantu menangani COVID-19. “Catatan bukan untuk di sini ya, kita memang harus mencontoh gerak cepat dari Kementerian Agama. Masih banyak daerah-daerah atau kementerian lain yang mempunyai fasilitas yang sama yang bisa dioptimalkan untuk sama-sama kita memerangi COVID-19,” kata dia.

Dasco menyebut DPR dan sejumlah mahasiswa yang mendampingi tadi sepakat berkolaborasi menangani COVID-19. Para mahasiswa tersebut, bersama DPR, akan membantu Kemenag hingga bekerja sama dengan Polri terkait vaksinasi COVID-19.

“Bersepakat untuk berkolaborasi dalam rangka COVID-19. Kami akan bersama-sama membentuk relawan untuk membantu Kementerian Agama dalam memfungsikan asrama haji di seluruh Indonesia menjadi fasilitas COVID-19 serta akan bekerja sama dengan kepolisian RI melakukan vaksinasi massal baik di seluruh kampus maupun di seluruh daerah-daerah,” ujar dia.

Sementara itu, Menag Yaqut usai peninjauan Asrama Haji Pondok Gede menyatakan fasilitas ini kemungkinan siap dalam beberapa hari ke depan. “Dua hari ke depan, hari Rabu insyaallah siap dipakai,” kata Menag.[prs]

  • Bagikan