Buka Rumah Makan Indonesia di Turki, Konjen RI: Ini Terobosan Bisnis di Masa Pandemi

  • Bagikan
Buka Rumah Makan Indonesia di Turki, Konjen RI: Ini Terobosan Bisnis di Masa Pandemi
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pembukaan rumah makan Indonesia “Rasa Kita” di kawasan Kaghitane, Istanbul, Turki, menjadi terobosan bisnis pengusaha Indonesia setelah negara itu membuka kembali aktivitas sosial di masa pandemi.

Dalam keterangan resmi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul pada Minggu (11/7/2021), Konsul Jenderal (Konjen) RI di Istanbul, Imam As’ari, mengatakan rumah makan itu juga memiliki andil dalam diplomasi kuliner.

“Berada di lokasi strategis di wilayah Istanbul, rumah makan ‘Rasa Kita’ tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyedia kuliner, tetapi juga ikut menggerakkan diplomasi kuliner Indonesia di mancanegara,” kata Konjen Imam usai secara resmi membuka rumah makan Indonesia “Rasa Kita” di Istanbul, Turki, pada Sabtu (10/7/2021).

Menurut Konjen, kehadiran rumah makan tersebut juga diharapkan dapat membantu penyerapan tenaga kerja di masa pandemi

Konjen mengatakan upaya Ibu Jenny, pemilik rumah makan tersebut, dapat diteladani oleh diaspora Indonesia lainnya, khususnya yang telah menjadi residen atau penduduk di Istanbul, untuk memulai usaha mandiri dan membuka kesempatan kerja.

Selain itu, kata Konjen, Restoran “Rasa Kita” diharapkan dapat memberi kemudahan bagi wisatawan atau warga negara Indonesia untuk menemukan kuliner khas Indonesia selama berada di Istanbul.

Dia menambahkan diplomasi lewat kuliner tidak hanya menggambarkan persahabatan erat Indonesia dan Turki, tapi juga mampu memberikan manfaat bagi perekonomian sebuah negara serta menciptakan asosiasi positif antara masakan yang disajikan dan budaya yang diwakili. (ndi)

  • Bagikan