1

Bersama Shopee, Kemenkop Beri Wadah Promosi Produk UKM di Masa Pandemi

Realitarakyat.com – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) bersama toko dalam jaringan Shopee kembali menggelar program guna memberi wadah promosi bagi produk UKM di masa pandemi.

Program Live Shopping Produk UKM yang akan berlangsung pada Rabu, 21 Juli 2021 tersebut merupakan sebuah live virtual event yang dapat disaksikan melalui kanal YouTube Kemenkop dan Shopee Live.

“Mendorong digitalisasi adalah salah satu prioritas Kementerian Koperasi dan UKM agar dapat berperan lebih strategis dalam perekonomian nasional. Selama pandemi, ekonomi digital tumbuh positif 38 persen dan terjadi penambahan lebih dari dua juta UKM masuk ke ekosistem digital,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (16/7/2021).

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membawa dampak yang sangat besar di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Di satu sisi, para pelaku UMKM mengalami penurunan penjualan secara drastis, hingga mereka terpaksa memberhentikan karyawan sampai memutuskan untuk gulung tikar.

Tapi di sisi lain, Sektor ekonomi digital ternyata menjadi solusi bagi UMKM yang ingin bertahan di masa sulit ini. Terbukti ekonomi digital justru tumbuh signifikan, ditandai dengan banyaknya Usaha Kecil Menengah yang masuk ke ekosistem digital.

Tentunya para pelaku usaha semakin menyadari manfaat digitalisasi dalam berbisnis, terlebih di masa yang mengharuskan kita mengurangi mobilitas, tatap muka dan bersentuhan.

Menyadari hal ini, lanjutnya, sejak tahun lalu Kemenkop UMKM/UKM berkolaborasi bersama marketplace Shopee dalam menggelar sebuah program inisiasi menarik, yakni “Live Shopping Produk UKM” yang merupakan program belanja online yang ditekankan pada subsektor Kuliner, Fesyen & Kriya, serta Kesehatan & Kecantikan.

“Upaya Kementerian Koperasi dan UKM ini tidak hanya bertujuan sebagai wadah atau ajang promosi produk UKM agar dapat bangkit di masa pandemi ini, tapi juga memiliki perhatian khusus terhadap pembinaan SDM dan askes pasarnya,”ujar Teten.

Upaya untuk mendorong digitalisasi koperasi dan UKM, lanjutnya, dilakukan antara lain melalui peningkatan kapasitas SDM yang meliputi bimbingan teknis dan pendampingan, peningkatan proses digitalisasi bisnis, serta perluasan akses pasar melalui on-boarding di marketplace dan bantuan pemasaran melalui program Live Shopping Produk UKM ini.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menambahkan Shopee, sebagai wadah pemasaran dan penjualan produk UKM di nusantara, mendukung penuh program ini dengan ambil bagian di setiap tahapannya. Ketiga sektor yang menjadi penekanan pada Live Shopping Produk UKM ini, mempunyai nama masing-masing seperti Festival Adiwarna (Fesyen), Kolaborasa (Kuliner), Kirana (Kesehatan & Kecantikan).

“Kami terus berkomitmen menyelenggarakan program ini bersama Kemenkop UKM Republik Indonesia, sampai saat ini sudah memasuki tahun ke-2. Tentunya dengan harapan digitalisasi bisnis dapat terus diterapkan oleh semakin banyak pelaku UMKM di negeri ini,” ujarnya.

Menurut dia ekosistem dan SDM digital di dalam masyarakat harus terus dirangsang oleh program-program seperti ini, masa pandemi dapat dijadikan momentum untuk membangkitkan perekonomian dengan UKM sebagai kuncinya. (ndi)