Connect with us

Ragam

8 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Cemas Berlebihan

Diterbitkan

Pada

ilustrasi (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Cemas adalah suatu bentuk emosi yang ditandai dengan perasaan tidak nyaman, rasa takut, atau gelisah. Bentuk emosi ini wajar terjadi dan merupakan respons normal diri terhadap stres. Umumnya, perasaan cemas akan berlalu setelah kondisi yang memicunya hilang.

Namun, tidak jarang, perasaan cemas bisa berlebih hingga membuat Anda sulit berkonsentrasi dan menjalankan aktivitas. Anda bisa menerapkan cara-cara di bawah ini untuk membantu menghilangkan rasa cemas berlebih tersebut.

Cemas Vs Gangguan Kecemasan: Kenali Perbedaannya
Setiap orang pasti pernah merasa cemas. Sebagai contoh, jika Anda berada dalam kondisi tidak bisa pulang ke rumah karena hari sudah malam, tidak ada kendaraan umum yang masih beroperasi, dan hujan turun dengan lebatnya. Anda mungkin merasa cemas akan bertemu dengan orang jahat atau harus menunggu hingga pagi baru bisa pulang.

Berbagai cara menghilangkan rasa cemas berlebihan
Perasaan cemas bisa membuat Anda sakit, terutama jika terjadi secara terus menerus. HelpGuide menyebut, kondisi ini dapat menjadi penyebab insomnia atau susah tidur, ketegangan otot, sakit kepala, hingga masalah pada pencernaan. Tak hanya itu, cemas yang berlebihan juga bisa menjadi gejala gangguan mental, seperti gangguan kecemasan (anxiety disorder) atau depresi.

Berikut beberapa cara untuk menghilangkan rasa cemas berlebihan yang kerap datang:

1. Ambil napas panjang
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa cemas adalah dengan mengambil napas panjangs. Cara sederhana ini dapat membantu tubuh Anda mengaktifkan respons relaksasi tubuh, sehingga stres dan kecemasan yang Anda rasakan dapat berkurang.

Untuk mempraktikkan teknik pernapasan ini, Anda hanya perlu menarik nafas panjang melalui hidung. Kemudian, menahan napas selama beberapa detik. Lalu, mengembuskan napas melalui mulut secara perlahan. Tak hanya saat merasa cemas, latihan pernapasan ini juga bisa Anda praktikkan setiap hari untuk membantu melepaskan pikiran yang mengganggu.

2. Bicara dengan orang lain
Biasanya, ketika seseorang mengalami cemas berlebihan, ia cenderung menarik diri dari lingkungan sosial. Padahal, salah satu cara untuk menghilangkan rasa cemas adalah adanya dukungan sosial dari orang terdekat. Sebaliknya, mengisolasi diri dari lingkungan bukanlah jalan keluar dari kekalutan yang sedang Anda alami.

Oleh karena itu, ketika Anda sedang mengalami kecemasan, cobalah untuk mengungkapkan apa yang Anda rasakan dan tetaplah menjalin hubungan dengan lingkungan sekitar. Anda bisa bicara dengan orang yang Anda percaya dan membuat Anda nyaman, seperti saudara, teman, atau bahkan ahli kesehatan mental.

3. Lakukan apa yang Anda sukai
Selain mengurangi rasa sedih, melakukan hobi atau aktivitas yang Anda sukai juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kecemasan. Cara menyenangkan ini bisa membantu tubuh Anda melepaskan hormon oksitosin, yang merupakan pereda stres dan kecemasan alami.

Pilihlah aktivitas yang Anda sukai, tetapi tetap menyehatkan, seperti nonton film, jalan-jalan, bernyanyi, dan sebagainya. Anda bisa melakukan aktivitas tersebut secara sendirian atau bersama dengan orang terdekat Anda.

4. Lakukan hal baru
Selain melakukan hal yang Anda senangi, Anda juga perlu melakukan hal baru untuk menghilangkan rasa cemas berlebihan. Mempelajari keterampilan baru dapat mengembangkan kemampuan Anda dan mendapatkan kepuasan setelah menyelesaikannya.

Adapun perasaan ini dapat menimbulkan rasa senang dan bahagia, sehingga kecemasan yang Anda rasakan bisa berkurang. Untuk mencobanya, Anda bisa memilih mempelajari bahasa baru, kerajinan tangan, atau keterampilan baru lainnya.

5. Olahraga rutin
Olahraga dapat meningkatkan mood atau suasana hati, sehingga cara ini pun diyakini mampu mengurangi perasaan cemas. Pasalnya, olahraga bisa menurunkan hormon stres, seperti kortisol. Selain itu, aktivitas fisik ini juga membantu melepaskan endorfin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan suasana hati dan perasaan senang.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu berolahraga secara rutin dan teratur. Anda bisa memilih olahraga yang ringan, seperti berenang, jalan kaki, yoga, atau sekadar beraktivitas keluar rumah untuk mendapat paparan sinar matahari. Apalagi, kurang sinar matahari dapat memperburuk rasa cemas berlebihan Anda.

6. Konsumsi makanan sehat
Tanpa Anda sadari, makanan yang Anda konsumsi dapat berdampak pada perasaan Anda. Mengonsumsi makanan atau minuman berkafein terlalu banyak bisa meningkatkan rasa kecemasan. Selain itu, melewatkan makan pun bisa membuat Anda tak berenergi, sehingga seringkali menimbulkan perubahan suasana hati.

Oleh karena itu, untuk membantu menghilangkan rasa cemas, Anda dapat memperbanyak konsumsi serat, seperti buah dan sayuran. Selain itu, Anda pun perlu mengurangi makanan tinggi gula dan kafein. Jangan lupa untuk makan secara teratur tiga kali sehari dan selingi dengan camilan menyehatkan untuk meningkatkan energi.

7. Tidur yang cukup
Masalah tidur seringkali muncul saat Anda merasakan cemas yang berlebihan. Padahal, tubuh Anda membutuhkan istirahat atau tidur tambahan saat mengalami stres, untuk mengurangi risiko berbagai macam penyakit.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda berupaya untuk tidur yang cukup saat mengalami kecemasan. Anda bisa mencobanya dengan mengubah jam atau pola tidur Anda. Cukupilah kebutuhan tidur Anda setidaknya 7 jam per hari dan menciptakan suasana tidur yang nyaman, seperti mematikan lampu kamar atau menggunakan aromaterapi.

8. Berpikir positif untuk menghilangkan rasa cemas
Satu hal yang bisa membuat rasa cemas Anda semakin memburuk adalah pikiran negatif tentang diri sendiri atau lingkungan sekitar Anda. Sebaliknya, berpikir positif justru bisa memberi manfaat bagi kesehatan mental dan fisik Anda, termasuk menghilangkan kecemasan yang Anda miliki.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas adalah dengan berpikir positif. Yakinkan pula diri Anda bahwa kekhawatiran dan kecemasan yang Anda rasakan dapat memotivasi diri serta menghindari dari hal-hal buruk. Sebagai contoh, saat Anda merasa cemas menghadapi ujian sekolah, Anda bisa menjadikan perasaan tersebut untuk memotivasi Anda belajar dan mendapatkan nilai yang baik.

Jika Anda telah melakukan beberapa tips menghilangkan rasa cemas di atas, tetapi perasaan negatif tersebut tidak kunjung membaik, konsultasikan ke ahli kesehatan mental, seperti psikolog atau psikiater. Anda bisa mendapatkan diagnosis dan bantuan medis yang tepat demi kesembuhan Anda. (ndi)

sumber: hellosehat

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Samsung Galaxy A52s 5G, Ponsel Resmi Piala Presiden Esports 2021

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Headline

Tau Gak, Pemilik Zodiak Virgo Minggu Ini Akan Dapat Rizeki Berlipat, Lantas Bagaimana Dengan Kamu

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Ragam

Perangi Kelompok Berbahaya, Facebook Umumkan Kebijakan Baru

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita
Loading...