Wapres Minta Menkominfo Perluas Infrastruktur Digitalisasi Ekonomi

halal

Realitarakyat.com – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate untuk memperluas infrastruktur telekomunikasi dan informasi hingga ke daerah guna mewujudkan digitalisasi ekonomi di Indonesia.

Hal itu disampaikan Wapres Ma’ruf saat memberikan pidato kunci pada acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) “Kilau Digital Permata Flores, Sumba, Timor, dan Alor (Flobamora)” Nusa Tenggara Timur Tahun 2021 secara virtual dari kediaman dinas wapres Jakarta, Jumat (18/6/2021).

“Gerakan Nasional BBI diarahkan untuk mempersiapkan transformasi ekonomi menuju digitalisasi. Maka dari itu, penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi menjadi hal paling mendasar dan mutlak untuk dipenuhi,” kata Wapres.

Pembangunan infrastruktur tersebut merupakan tugas Badan Aksesibilitas Telekomunikasi, dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo melalui Proyek Strategis Nasional, dengan membangun jaringan backbone fiber optic Palapa Ring dan Proyek Satelit Multifungsi Pemerintah.

Dengan adanya perluasan jaringan infrastruktur telekomunikasi dan informasi tersebut, Wapres berharap seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet pada 2023, termasuk Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dengan adanya jaringan koneksi internet, maka akses untuk memasuki ekosistem digital bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM di NTT akan terbuka lebar,” tegasnya.

Wapres berharap keterbukaan akses informasi dan digitalisasi tersebut memberikan nilai tambah bagi karya, kreasi, dan produk lokal NTT karena lahan bisnisnya mampu menembus pasar nasional dan internasional.

“Di situlah letak nilai strategis dari transformasi ekonomi melalui digitalisasi yang merupakan salah satu prioritas pemerintah,” ujar Wapres. (ndi/ant)