Walau Covid Menggila, Pemkot Tangsel Masih Berikan Izin Bioskop Buka

  • Bagikan
Walau Covid Menggila, Pemkot Tangsel Masih Berikan Izin Bioskop Buka
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Di tengah lonjakan penyebaran Covid-19, operasional bioskop-bioskop yang ada di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tetap berjalan seperti biasanya.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Tangsel beralasan, status zona oranye belum mengharuskan penutupan bioskop. Hingga saat ini, tercatat ada 9 titik lokasi bioskop atau cinema yang terus beroperasi.

“Sudah semua bioskop di Tangsel, 9 bioskop yang beroperasi. Karena kita kan zona oranye,” kata Plt Kepala Dispar, Heru Agus Santoso, Sabtu (26/06/21).

Sebagai langkah antisipasi, menurut Heru, pihaknya telah memerketat penerapan Protokol kesehatan (Prokes) di semua bioskop. Di antaranya dengan membatasi jam operasional, kapasitas, dan penyemprotan disinfektan.

“Jadi Prokesnya diperketat. Kita batasi jam nya, kalau sebelumnya itu pemutaran terakhir jam 8 malam (last show), maka sekarang kita buat jadi jam 6 sore, sehingga jam 8 malam sudah selesai,” ucapnya.

“Kalau untuk daerah lain kan 50 persen kapasitasnya, kalau kami di Tangsel sejak awal dibatasi hanya 40 persen. Lalu posisi kursi penonton juga menjadi 1 isi dan 2 kosong jaraknya. Kemudian setiap habis selesai pemutaran harus disemprot disinfektan dulu sebelum digunakan lagi,” sambungnya.

Guna memastikan ketentuan Prokes dijalani, Dispar bekerjasama dengan Satgas Covid telah membuat tim monitoring yang akan mengawasi di tiap-tiap bioskop. “Kita ada tim kerjasama dengan Satgas juga untuk monitoring,” ungkap Heru.

Meski begitu, Heru menjelaskan, kebijakan baru untuk menutup bioskop bisa saja diambil jika lonjakan penyebaran Covid bertambah luas.

“Nanti kita evaluasi, karena kan kita seminggu itu sekali dua kali melakuka evaluasi,” pungkasnya.(Din)

  • Bagikan