Varian Covid Delta Masuk Indonesia, Rahmad Handoyo: Prokes Harga Mati

  • Bagikan
rahmad
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Masuknya varian Covid Delta dan Delta plus ke Indonesia ditanggapi oleh anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo. Menurutnya, varian virus yang mematikan tersebut bisa dihindari dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Prokes itu harga mati dan hukum wajib. Mau ganas atau tidak prokes itu bisa menangkal segala macam virus covid dengan segala mutasi dan variannya,” kata Rahmad melalui rekaman suara yang dikutip, Jumat (25/6/2021).

Politikus PDIP ini menegaskan yang bisa untuk menyelamatkan dari virus Covid adalah diri sendiri dan bukan pemerintah. Dia menuturkan, pemerintah hanya membuat aturan untuk pencegahan saja.

“Jadi yang bisa menyelamatkan itu bukan pemerintah tapi diri kita sendiri. ya dengan menjaga diri menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” ungkap Rahmad.

Rahmad menegaskan, jika pandemi Covid ini sudah menjadi bencana manusia sehingga, kepedulian kita sebagai manusia untuk menjalankan prokes serta aturan pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Kalau prokes dilanggar dan abai, ya mau delta yang berbahaya atau tidak sama saja akan menular. Jadi utama prokes mengikuti aturan negara,” jelasnya.

Pemerintah sendiri, lanjut Rahmad, sudah melakukan segala upaya untuk meminimalisir penyebaran covid. Seperti melalui skrening yang ketat dari negara yang banyak terjangkit baik dari udara dan laut.

“Apalagi dengan negara kita yang luas, ya sangat perlu penegasan untuk steril dari virus ini agar tak masuk Indonesia,” demikian kata Legislator Dapil Jateng V ini.[prs]

  • Bagikan