1

Tingkatkan Operasional, Menhub Klaim LRT Jabodebek Bisa Angkut 800 Ribu Orang per Hari

Realitarakyat.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut dalam operasional maksimal (ultimate headway), LRT Jabodebek dijadwalkan mengangkut penumpang setiap dua menit sekali. Menurut dia, dengan kapasitas itu, LRT dapat mengantar 800 ribu orang per hari.

“Ultimate headway akan menjadi 2 menit sehingga kereta per kereta hanya 2 menit,” ucapnya pada keterangan pers secara daring, Rabu (9/6/2021).

Sedangkan, untuk normalnya, Budi mengatakan waktu tunggu kereta diprediksi selama 3 menit dengan kapasitas angkut 580 ribu penumpang per hari.

Ia menyebut dari 31 rangkaian kereta LRT Jabodebek, saat ini sudah ada 26 rangkaian yang rampung dan sedang diuji coba. Nantinya, operasional LRT akan diberikan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero.

Sedangkan konstruksinya dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan gerbong keretanya dibuat oleh PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA.

Dipastikan oleh Presiden Jokowi, LRT Jabodebek akan beroperasi pada Juni 2021 mendatang. Sebelum itu, akan dilakukan uji coba pada April tahun depan.

Meninjau uji coba LRT dari stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menuju Stasiun Harjamukti Cibubur, Jokowi mengaku puas dengan kualitas LRT pertama di Indonesia tersebut.

“Tadi mencoba keretanya halus, nyaman, kecepatan juga baik, dapat dikatakan tanpa suara, nyaman sekali,” bebernya.

Jokowi berpesan agar pengalaman pembangunan LRT ini terus dikembangkan agar Indonesia mampu menjadi negara pengekspor LRT, seperti kereta api yang sudah mampu dikirim ke Bangladesh dan Filipina.[prs]