Timnas Inggris Menggila, Jerman Akhirnya Keok di 16 Besar EURO 2020 dengan Skor 2-0

  • Bagikan
Timnas Inggris Menggila, Jerman Akhirnya Keok di 16 Besar EURO 2020 dengan Skor 2-0
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Timnas Inggris melaju ke perempatfinal Piala Eropa 2020. Di babak 16 besar, The Three Lions berhasil mengalahkan Jerman 2-0.

Bermain di Wembley, Selasa (29/6/2021), Inggris sempat kesulitan mencetak gol hingga pertengahan babak kedua. Namun masuknya Jack Grealish di menit ke-69 mengubah jalannya laga.

Gelandang Aston Villa itu berperan dalam terciptanya dua gol kemenangan Inggris. Ia merancang gol pertama yang dicetak Raheem Sterling di menit ke-75, lalu memberi assist kepada Harry Kane di menit ke-86.

Pertandingan langsung berjalan seru sejak peluit dibunyikan. Kedua tim menampilkan permainan menyerang.

Peluang pertama dalam laga ini datang saat Goretzka mengarahkan tendangan kaki kanan jarak jauh ke sudut kiri bawah.

Jordan Pickford melakukan penyelamatan dengan gemilang dan menjaga gawangnya tetap perawan.

Menit ke-16 giliran Inggris yang mengancam. Berawal dari kerja sama Declan Rice dengan John Stones. Bola kemudian diumpan ke Raheem Sterling yang berlari ke dalam kotak penalti.

Penyerang Manchester Itu melepaskan tendangan kaki kanan dan mengarah ke sudut kanan bawah. Tapi, Neuer memperlihatkan sebuah penyelamatan fantastis.

Semenit kemudian, Trippier melepaskan tendangan sudut. Harry Maguire yang lepas dari penjagaan melepaskan sundulan.

Tapi, Neuer lagi-lagi menyelamatkan gawangnya. Dua peluang dalam dua menit menjadi sia-sia bagi Three Lions.

Pada menit ke-32, Timo Werner menerima umpan terobosan dari Kai Havertz dan tinggal berhadapan dengan Pickford di kotak penalti, namun sepakannya berhasil ditepis kiper Everton itu.

Kedua tim masih kesulitan mencetak gol meski mendapatkan banyak peluang. Skor imbang 0-0 pun menghiasi babak pertama.

Di babak kedua, Jerman kembali mengancam lebih dulu. Havertz mendapat peluang di kotak penalti pada menit ke-48, namun tembakannya ditepis oleh Pickford.

Setelahnya kedua tim betul-betul tanpa peluang berbahaya, terutama Inggris yang tak melepaskan shot sama sekali hingga menit ke-70. Perubahan strategi pun dilakukan kedua tim.

Jerman memasukkan Serge Gnabry untuk menggantikan Werner. Sedangkan Inggris memasukkan Jack Grealish untuk menggantikan Bukayo Saka. Pergantian itu membuahkan hasil bagi Inggris. Di menit ke-75, mereka membuka keunggulan.

Sterling melakukan tusukan dari sisi kanan, lalu mengoper kepada Harry Kane yang jadi pemantul. Bola kemudian digeser ke kiri kepada Grealish, lalu dioper ke Luke Shaw.

Bek Manchester United itu mengirim crossing mendatar ke kotak penalti, yang disambut Sterling dengan sepakan mendatar, menjebol gawang Neuer. 1-0 untuk Inggris.

Nyaris! Tertinggal satu gol, Jerman hampir menyamakan kedudukan di menit ke-81. Blunder Sterling berujung serangan balik Jerman. Havertz mengirim umpan terobosan kepada Thomas Mueller.

Berlari bebas dalam situasi satu lawan satu, sepakan Mueller malah melenceng tipis di sisi kiri. Pickford ngomel-ngomel melihat lengangnya barisan belakang Inggris, sementara Sterling bersujud syukur timnya tak jadi kebobolan.

GOL! Inggris sukses menggandakan keunggulan di menit ke-86. Gnabry kehilangan bola di tengah lapangan, Inggris memulai serangan balik. Shaw menggiring bola, mengoper kepada Grealish yang berada di sisi kiri.

Gelandang Aston Villa itu mengirim crossing kepada Kane yang diselesaikan dengan sundulan, membuat gawang Neuer bergetar untuk kali kedua. Inggris unggul 2-0 dan bertahan hingga usai.(Din)

  • Bagikan