Terima Pengurus Land Cruiser Owners Indonesia, Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Bantu Pemulihan Ekonomi

  • Bagikan
Terima Pengurus Land Cruiser Owners Indonesia, Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Bantu Pemulihan Ekonomi
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung rencana touring Jakarta – Bali yang akan dilakukan Land Cruiser Owners Indonesia pada Juli 2021. Kegiatan tersebut bisa menjadi pendorong bagi pemulihan ekonomi masyarakat Bali, maupun berbagai destinasi wilayah yang dilalui dari Jakarta hingga Bali.

“Akibat pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Bali paling rendah diantara 34 provinsi lainnya. Di tahun 2020, misalnya, Bali tercatat minus 9,31 persen, sementara pertumbuhan ekonomi nasional minus 2,07 persen. Pada triwulan awal 2021, juga tidak mengalami pergeseran berarti, minus 9,85 persen. Untuk memulihkannya, butuh kehadiran lebih banyak masyarakat yang berwisata dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujar Bamsoet usai menerima pengurus Land Cruiser Owners Indonesia, di Jakarta, Senin (14/6/21).

Pengurus Land Cruiser Owners Indonesia yang hadir antara lain William Suwandi, William Kamajaya, Aryogi, Sugianto, Kevin, Firmanala, Bonie Guido, dan Ade Tjahyadi.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, berdasarkan data BPS Bali pada tahun 2019, perekonomian masyarakat Bali sebanyak 48,3 persennya ditunjang dari sektor pariwisata. Tidak heran jika karena pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Bali terjun drastis.

“Ketiadaan turis mancanegara menjadikan Bali sangat bergantung kepada turis domestik. Kita tidak sedang memilih apakah memprioritaskan ekonomi atau kesehatan. Keduanya bisa dijalankan secara bersamaan,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, hingga akhir Mei 2021, Bali sudah mendapatkan sekitar 2,7 juta dosis vaksin Covid-19. Hingga awal Juni, tercatat lebih dari 1,3 juta warga Bali sudah mendapatkan suntikan vaksin tahap I. Sedangkan 636.639 warga sudah mendapatkan suntikan vaksin tahap II.

“Hingga akhir Juni, ditargetkan sudah bisa menyelesaikan vaksinasi terhadap 3 juta dari total populasi Bali yang mencapai sekitar 4,3 juta jiwa. Perlahan namun pasti, Bali sudah bersiap kembali memulihkan sektor ekonominya. Sebagai saudara sebangsa, kita wajib mensupportnya,” pungkas Bamsoet. (ilm)

  • Bagikan