Connect with us

Kesehatan

Telinga Berdenging Bisa Jadi Tanda Infeksi Telinga Tengah

Diterbitkan

Pada

Telinga Berdenging Bisa Jadi Tanda Infeksi Telinga Tengah
ilustrasi (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Telinga berdenging bisa menjadi tanda adanya gangguan pada telinga, termasuk infeksi. Salah satu kondisi yang bisa ditandai dengan gejala telinga berdenging adalah infeksi telinga tengah alias otitis media. Kondisi ini memang sering dialami oleh bayi dan anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa mengalaminya.

Nah, telinga berdenging biasanya muncul sebagai gejala infeksi telinga tengah pada orang dewasa. Gejala ini bisa mengganggu dan membuat telinga menjadi sakit dan tidak nyaman. Karena itu, ketahui tentang otitis media lebih lanjut agar bisa mencegah penyakit ini terjadi.

Telinga Berdenging Tanda Infeksi
Telinga berdenging alias tinnitus bisa menjadi tanda ada gangguan pada telinga. Salah satunya infeksi. Kondisi ini bisa menjadi tanda otitis media atau infeksi telinga tengah pada orang dewasa. Telinga berdenging ditandai dengan munculnya suara-suara tidak normal yang terdengar dari dalam telinga. Suara yang muncul terdengar seperti dengingan, siulan, atau suara bising.

Biasanya, telinga berdenging akan berhenti setelah beberapa saat. Namun, bisa juga bertahan lebih lama. Kondisi ini bisa mengganggu aktivitas dan membuat pengidapnya merasa tidak nyaman, kesulitan berkonsentrasi, memicu gangguan tidur, hingga menyebabkan depresi. Infeksi menjadi salah satu penyebab munculnya telinga berdenging.

Otitis media adalah infeksi yang terjadi di telinga bagian tengah, yaitu ruang di belakang gendang telinga. Sebenarnya, penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja dan dari kalangan usia berapa saja. Namun, yang lebih sering mengalami otitis media adalah bayi berusia 6—15 bulan dan anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun. Kira-kira ada sekitar 25 persen anak di bawah usia 10 tahun yang mengalami otitis media.

Dibandingkan anak-anak, orang dewasa memang lebih jarang mengalami infeksi telinga karena memiliki bentuk dan ukuran tuba eustachius yang sudah lebih berkembang. Tuba eustachius adalah saluran yang berfungsi menyalurkan udara ke dalam telinga bagian tengah. Pada anak-anak, saluran ini lebih sempit dibandingkan orang dewasa.

Itulah sebabnya anak-anak lebih rentan mengalami otitis media. Namun, bukan berarti orang dewasa terbebas sama sekali dari ancaman infeksi telinga. Orang dewasa yang berisiko tinggi mengalami infeksi telinga adalah para perokok aktif maupun perokok pasif, dan orang yang memiliki alergi.

Penyebab dan Gejala Otitis Media
Otitis media bisa terjadi karena adanya infeksi virus atau bakteri. Kondisi ini akan menyebabkan mukosa atau lendir di telinga tengah menumpuk, sehingga akhirnya mengganggu fungsi penyampaian suara ke telinga bagian dalam.

Pada anak-anak, otitis media biasanya ditandai dengan sering menarik atau menggaruk telinganya, lebih rewel dari biasanya, tidak mau makan, demam, dan susah tidur di malam hari. Sedangkan gejala otitis media pada orang dewasa, seringkali ditandai dengan telinga berdenging. Gejala ini bisa terjadi karena peradangan dan penimbunan cairan di telinga bagian tengah menimbulkan tekanan di dalam telinga.

Selain telinga berdenging, orang dewasa yang mengalami otitis media juga sering merasakan rasa sakit pada telinganya dan berisiko kehilangan pendengaran. Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk segera menemui dokter bila merasakan gejala-gejala, seperti gejala otitis media. Semakin cepat infeksi telinga tengah ini terdeteksi dan diobati, semakin besar peluang kamu untuk sembuh dan terhindar dari komplikasi otitis media yang berbahaya.

Setelah pemeriksaan, dokter biasanya akan meresepkan obat untuk mengatasi gejala infeksi, termasuk telinga berdenging. Kamu bisa membeli obat sesuai resep di aplikasi Halodoc. Unggah resep obat ke aplikasi Halodoc dan pesanan obat akan segera dikirim ke rumah. (ndi)

 

 

sumber: halodoc

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

Perbedaan Bahaya Rokok dengan Produk Tembakau Alternatif

Diterbitkan

Pada

Penulis

Perbedaan Bahaya Rokok dengan Produk Tembakau Alternatif
ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Ragam

Jangan Dilarang, Ini Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Anak

Diterbitkan

Pada

Penulis

Jangan Dilarang, Ini Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Anak
ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Kesehatan

Polda Metro Targetkan Seluruh Warga Jakarta Sudah Divaksin pada 17 Agustus Nanti

Diterbitkan

Pada

Polda Metro Targetkan Seluruh Warga Jakarta Sudah Divaksin pada 17 Agustus Nanti
Baca Berita
Loading...