Tak Bisa Dinggap Remeh, Mendagri: Pandemi Covid-19 “The Real Problem”

  • Bagikan
tito
Mendagri Tito Karnavian/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, pandemi Covid-19 dan efek dominonya adalah masalah nyata yang tidak bisa dianggap remeh.

Hal itu ia katakan dalam acara pengukuhan dewan pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) masa bakti 2021-2026.

“Real problem today, yang kita hadapi sekarang problem bagi semua stakeholder bangsa pemerintah, non pemerintah, masyarakat adalah pandemi Covid-19. Tidak bisa kita anggap remeh. (Covid-19) sesuatu yang real bukan hanya sekedar jargon, the real problem,” kata Tito, dilansir dari laman resmi Kemendagri, Senin (21/6/2021).

Tito menilai, pandemi Covid-19 merupakan pandemi global dan terluas dalam sejarah bangsa Indonesia, bahkan terbesar dalam sejarah umat manusia ini.

Sehingga, wabah yang melanda global itu tak hanya berdampak pada sisi kesehatan, namun juga berdampak pada krisis multidimensi di bidang ekonomi dan sosial.

“Tahun 2021 kita masih struggling untuk menghadapi pandemi yang memiliki dampak multi krisis, bukan hanya masalah kesehatan, kemanusiaan tapi juga mempengaruhi bidang ekonomi dan keuangan menimbulkan masalah sosial, pengangguran dan lain-lain,” ujarnya.

Mantan Kapolri ini mengatakan, seluruh kepala daerah tengah menghadapi masalah yang sama karena pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, kepala daerah harus bisa mengendalikan pandemi dan memulihkan ekonomi secara paralel melalui berbagai formulasi kebijakan yang didesain untuk dapat menyelamatkan keduanya.

“Nah saya melihat bahwa penanganan pandemi menjadi conditional, persyaratan untuk pemulihan ekonomi,” ungkapnya.

“Pembangunan ekonomi daerah memerlukan prakondisi syarat untuk bisa pulihnya pembangunan ekonomi daerah adalah kalau kita mampu untuk mengendalikan Covid-19,” katanya. (ndi)

  • Bagikan