Swiss Pesta Gol, Wales Temani Italia ke Babak 16 Besar

  • Bagikan
Swiss Pesta Gol, Wales Temani Italia ke Babak 16 Besar
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Timnas Swiss secara dramatis mengalahkan Turki pada laga pemungkas Grup A Piala Eropa 2020 dengan skor 3-1 di Stadion Olympic Baku, Senin (21/6/2021) dini hari WIB. Tambahan tiga angka ini masih belum cukup untuk mendongkel posisi Die Nati.

Pertaruhan Swiss melaju atau tereliminasi dari tahap penyisihan grup di Piala Eropa 2020 cukup mengundang perhatian. Maklum saja, Swiss bisa saja kehilangan tempat di 16 besar jika gagal mengamankan tiga poin melawan Turki.

Dalam lima menit, pertahanan Swiss dibuat kerepotan dengan permainan cepat Turki. Bahkan kiper Yann Sommer empat kali mematahkan empat tendangan pemain lawan.

Namun takdir sepertinya masih berpihak pada Swiss . Laga baru berjalan enam menit Haris Seferovic sukses membobol gawang Turki.

Berawal dari kerjasama apik dengan Steven Zuber, pemain bernomor punggung sembilan itu melepaskan tendangan datar dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau kiper Ugurcan Cakir. Itu merupakan tendangan pertama Swiss dan berhasil menggetarkan gawang Turki.

Di pertengahan babak pertama atau tepatnya di menit 26, Swiss untuk kedua kalinya menggetarkan gawang Turki. Kali ini melalui aksi Xherdan Shaqiri.

Zuber kembali menjadi aktor protagonis di balik terciptanya gol kedua Swiss . Berawal dari umpan datarnya, Shaqiri yang tanpa pengawalan dengan baik melepaskan tendangan terukur dari luar kotak penalti.

Seferovic dan Shaqiri tercatat sebagai pemain Swiss pertama yang mencetak gol dari luar kotak penalti di Piala Eropa. Unggul 2-0 tak membuat Swiss mengendurkan serangan. Dua menit berselang, Shaqiri mendapatkan peluang emas. Tapi tendangannya masih diblok kiper Cakir.

Keunggulan 2-0 bertahan hingga interval pertama usai. Sommer sejauh ini patut mendapatkan pujian mengingat ia berhasil mementahkan empat kali peluang pemain Turki.

Di babak kedua, Turki yang sudah tak memiliki peluang lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020 tetap memberikan perlawanan yang sengit di laga pemungkas Grup A. Beberapa kali pasukan Senol Gunes mengancam gawang Swiss, namun baru pada menit 62 gawang Sommer bergetar.

Adalah Irfan Kahveci yang mencetak gol lewat tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti usai menerima umpan Hakan Calhanoglu. Skor berubah menjadi 2-1.

Sayangnya, euforia pendukung Turki di Stadion Baku hanya bertahan selama enam menit saja. Pasalnya, Shaqiri kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah umpan terobosan Zuber dikonversikan dengan sempurna oleh pemain bernomor punggung 23 dengan kaki kirinya.

Zuber menjadi pemain pertama yang mencetak hat-trick assist selama penyelenggaraan Piala Eropa 2020. Sementara bagi Shaqiri, dia sukses menggarisbawahi namanya sebagai pencetak gol terbanyak Swiss (7) di turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa).

Di sisa waktu pertandingan, baik Swiss maupun Turki gagal menambah gol. Skor 3-1 pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Di pertandingan lain, Wales kalah dari Italia dengan skor 0-1. Gol semata wayang Gli Azzurri dicetak Matteo Pessina pada menit 39. Berawal dari umpan Verratti, pemain bernomor punggung 12 itu dengan satu sentuhan berhasil memperdaya kiper Danny Ward.

Walaupun Wales gagal memetik poin sempurna, namun Gareth Bale dkk berhak menemani Italia ke 16 besar Piala Eropa 2020. Tim berjuluk The Dragons yang sama-sama mengumpulkan empat poin dengan Swiss unggul dalam selisih gol.

Peluang Swiss untuk lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020 masih terbuka. Ini tergantung dari perolehan poin yang dimiliki peringkat ketiga di Grup A, D, E dan F. Setelah ditemukan siapa yang layak lolos, tim tersebut akan bertemu dengan juara Grup B.(Din)

  • Bagikan