Connect with us

Olahraga

Susah Payah Kalahkan Swiss, Italia Lolos Juga ke Perempat Final Euro 2020

Diterbitkan

Pada

Susah Payah Kalahkan Swiss, Italia Lolos Juga ke Perempat Final Euro 2020
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Timnas Italia berhasil lolos menyusul Denmark ke babak perempat final Euro 2020. Keberhasilan Italia ini diraih usai memenangkan laga dramatis hingga babak tambahan menghadapi Austria 2-1 di babak 16 besar di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (27/6) dini hari WIB.

Gol tim arahan Roberto Mancini ini dilesakkan Federico Chiesa pada menit ke-95 dan sontekan Matteo Pessina pada menit ke-105. Sedangkan, gol semata wayang Austria dicetak Sasa Kalajdzic pada menit ke-114.

Permainan rapat dan cepat diperagakan kedua tim sejak peluit pertama dibunyikan. Austria secara mengejutkan mampu memberikan tekanan lebih banyak ke area pertahanan Italia di lima menit pertama permainan.

Tidak banyak peluang yang tercipta di babak pertama. Tetapi, peluang terbaik didapat Italia pada menit ke-32, setelah tembakan penyerang Italia Ciro Immobile sempat membentur tiang gawang Austria. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Italia coba tampil lebih agresif untuk mengincar gol cepat. Tetapi, pertahanan Austria yang kokoh membuat Italia kesulitan untuk memaksimalkan celah yang didapat.

Austria mencoba merespons lewat aksi individu Marko Arnautovic yang berhasil mengecoh tiga pemain bertahan Italia. Sayangnya, penyelesaian akhirnya tidak maksimal sehingga peluang terbuang percuma.

Pada menit ke-51, Austria kembali membuat Italia deg-degan setelah tendangan bebas David Alaba meluncur tipis di atas mistar gawang Italia.

Pada menit ke-65, Austria nyaris membungkam Italia lewat gol yang dicetak Marko Arnautovic. Meneruskan umpan hasil sundulan David Alaba, Arnautovic yang berdiri tanpa kawalan sukses menanduk bola tersebut untuk membobol gawang Donnarumma.

Namun, gol tersebut dianulir setelah wasit Anthony Tailor mengecek VAR dan terbukti Arnautovic lebih dulu berada dalam posisi offside.

Sadar Austria semakin berbahaya, Italia tampil lebih ngotot. Pada menit ke-72, Italia sempat mengancam gawang Austria lewat tembakan Manuel Locatelli yang masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Austria.

Hingga babak kedua berakhir juga tidak ada gol yang mampu dicetak oleh kedua tim. Pertandingan babak kedua berakhir dengan skor 0-0 dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Baru empat menit babak extra time pertama berlangsung, Italia sukses memecah kebuntuan. Pada menit ke-95 Italia berhasil unggul 1-0 lewat Federico Chiesa yang berhasil menceploskan bola dari sudut sempit.

Italia kembali mengancam gawang Austria pada menit ke-105 lewat tendangan bebas Lorenzo Insigne, namun tembakannya masih dapat ditepis penjaga gawang Austria dan hanya menciptakan tendangan pojok.

Satu menit berselang, Italia berhasil memperlebar keunggulan menjadi 2-0 lewat sontekan Matteo Pessina usai memanfaatkan kemelut di depan gawang Austria. Italia berhasil menutup extratime pertama dengan keunggulan 2-0.

Memasuki extra time kedua, Austria tampak belum menyerah. Di menit pertama babak tambahan kedua, Austria mengancam lewat tendangan keras Michael Gregotitsch. Namun, tembakannya masih dapat ditepis oleh Donnarumma.

Italia langsung merespons lewat serangan balik cepat, sayangnya penyelesaian akhir Chiesa masih lemah sehingga mudah diamankan kiper Austria.

Aksi solo run pemain Italia Pessina dari lini belakang hingga ke depan gawang Austria juga mampu mengancam gawang Austria, namun tembakan kerasnya masih melebar di sisi kiri gawang lawan.

Pada menit ke-110, Austria giliran mendapatkan peluang melalui tembakan jarak dekat Marcel Sabitzer, tapi sayang tembakannya masih belum memenuhi sasaran.

Di menit ke-114, Austria akhirnya dapat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat tandukan Sasa Kalajdzic meneruskan umpan sepak pojok Louis Schaub.

Pada menit ke-119, Italia nyaris menambah keunggulan lewat Cheisa yang melewati penjaga gawang Austria, tapi upayanya masih dapat dipotong oleh bek Austria.

Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan, Italia pun memastikan lolos ke babak perempat final.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Olahraga

Di Hari ke-12 Olimpiade Tokyo, 17 Medali Emas akan Diperebutkan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Di Hari ke-12 Olimpiade Tokyo, 17 Medali Emas akan Diperebutkan
ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Olahraga

Inilah Atlet Bermedali AS Terakhir yang Bertahan di Olimpiade Tokyo

Diterbitkan

Pada

Penulis

Inilah Atlet Bermedali AS Terakhir yang Bertahan di Olimpiade Tokyo
ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Olahraga

Saat Berjuang Melawan Penyakitnya, Pesenam Rusia Ini Rebut Tiga Medali di Olimpiade Tokyo

Diterbitkan

Pada

Penulis

Saat Berjuang Melawan Penyakitnya, Pesenam Rusia Ini Rebut Tiga Medali di Olimpiade Tokyo
Pesenam Rusia Nikita Nagornyy (ist/net)
Baca Berita
Loading...