Srikandi Demokrat DPRD Lombok Tengah Resmi Di Lantik, Ratmina Ganti Ahmad Ziadi

Realitarakyat.com – Rapat paripurna anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan agenda pengambilan sumpah jabatan anggota PAW masa bakti 2019 – 2024 berlangsung di ruang sidang utama Kamis (10/06/2021).

Politisi Demokrat Ratmina dari Dapil satu Praya – Praya Tengah, berhak menggantikan posisi Ketua DPC Demokrat Lombok Tengah Ahmad Ziadi, yang pada Pilkada tahun lalu maju sebagai calon Bupati yang berpasangan dengan Lalu Aswatare.

Ketua DPRD Lombok Tengah M. Tauhid, selaku pimpinan rapat paripurna, menyampaikan, pelaksanaan PAW ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dimana sebelumnya, salah satu anggota DPRD Loteng dari Partai Demokrat ikut dalam kontestasi politik Pilkada 2020 lalu. Ia pun berharap kepada pengganti untuk bisa lebih cepat beradaptasi dan bekerjasama dalam menjalankan amanah rakyat dengan fraksi-fraksi lain sesuai dengan yang tertuang dalam sumpah janji jabatan yang dibacakan sebelumnya.

“Sejak proses pengusulan penggantinya, kami sudah laksanakan sesuai aturan. Dan semoga apa yang dilaksanakan ini bisa menjadi amal ibadah kita bersama ke depan,” katanya.

Tauhid menjelaskan, sesuai aturan anggota DPRD Kabupaten/Kota, sebelum mengemban amanah menjadi anggota dewan, harus mengikuti dan melakukan Pengucapan Sumpah/Jani jabatan. Itu juga sebagai tindaklanjut dari keluarnya SK Gubernur NTB nomor 171.2/308 tahun 2021 tertanggal 31 Mei 2021. Dimana, sebagai rujukan untuk melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan.

“Ahmad Ziadi diberhentikan dengan hormat karena mengundurkan diri setelah menjadi calon Bupati Loteng,” sebutnya.

Sementara, Bupati Lombok Tengah dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ahmad Ziadi, S.IP, yang telah mengabdikan diri sebagai anggota legislatif kabupaten Lombok Tengah.

“Beliau telah bersama kita dalam membangun daerah yang kita cintai ini. Dan tentunya, pengabdian tersebut akan beliau lanjutkan dalam kapasitas yang berbeda,” kata Pathul.

Selain itu, Pathul juga menyampaikan selamat kepada saudari Ratmina yang telah mengucapkan sumpah janji sebagai anggota DPRD kabupaten Lombok Tengah untuk sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

“Kami yakin saudari Ratmina akan mampu segera beradaptasi dengan lingkungan DPRD sehingga Tupoksi sebagai anggota DPRD kabupaten Lombok Tengah dapat langsung diperankan secara maksimal,” ungkapnya.

Pathul Bahri menambahkan, arus informasi yang semakin cepat di era digitalisasi saat ini, di mana ruang kritis masyarakat semakin luas untuk disalurkan, mengharuskan semakin peka atas setiap kebutuhan dan tuntutan masyarakat.

Memberikan argumentasi sebagai jawaban atas setiap tuntutan kritis masyarakat saja tidak cukup. Akan tetapi masyarakat membutuhkan kerja nyata dan hasil nyata yang dapat dirasakan langsung oleh mereka.

Sikap kritis masyarakat juga dari waktu ke waktu semakin meningkat. Ini pertanda baik bagi demokrasi. Kritik hendaknya menjadi cermin untuk melakukan perbaikan-perbaikan agar tetap berjalan di garis yang benar.

“Dalam membangun daerah ini, ini, selain membutuhkan kolaborasi yang harmonis antara eksekutif, legislatif, dan yudikatif, juga tetap membutuhkan suara-suara publik dalam mengawal setiap proses pembangunan,” paparnya.

Ia berharap, kebersamaan yang telah terbangun selama ini antara pemerintah daerah dan DPRD dapat terus dipelihara dan semakin dikuatkan, terutama dalam mengatasi berbagai permasalahan masyarakat yang harus disikapi dengan arif dan bijaksana.

“Kami menyampaikan penghargaan atas kerjasama di selama ini. Kita harapkan semakin meningkat pada masa-masa yang akan datang. Terutama dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan,” ungkap Pathul Bahri.(LS)