Connect with us

Luar Negeri

Sempat Diisukan Menghilang, Akhirnya Kim Jong Un Muncul Ke Publik Lagi

Diterbitkan

Pada

Sempat Diisukan Menghilang, Akhirnya Kim Jong Un Muncul Ke Publik Lagi
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un untuk pertama kalinya terlihat di depan umum sejak menghilang selama hampir sebulan. Demikian laporan kantor berita Korut , KCNA.

Diktator muda Korut itu telah menjadi subyek spekulasi yang intens setelah menghilang selama berminggu-minggu dan melewatkan liburan terbesar dan terpenting negara itu tahun lalu. Kondisi ini mendorong munculnya spekulasi di media Barat bahwa ia sakit parah atau telah digulingkan dalam kudeta.

Dalam laporannya, KCNA menyebut, Kim Jong-un menghadiri pertemuan pertama biro politik partai yang memerintah. Kim Jong-un menganalisis pelaksanaan tugas kebijakan utama di berbagai bidang untuk paruh pertama tahun ini.

“Pemimpin menekankan pentingnya kampanye negara untuk meningkatkan ekonomi dan kehidupan masyarakat,” tulis KCNA seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (6/6/2021).

Menurut kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap, sebelum pertemuan itu, Kim Jong-un terakhir terlihat di depan umum pada 6 Mei lalu, ketika dia berpose untuk foto bersama dengan prajurit Korut dan keluarganya. Outlet tersebut menulis bahwa periode ketidakhadiran ini adalah yang terlama pada tahun 2021.

Para ahli mengatakan bahwa hilangnya Kim Jong-un mungkin ada hubungannya dengan pembatasan virus Corona baru. Tidak jelas bagaimana situasi dengan COVID-19 di negara penuh rahasia itu, yang sampai sekarang belum melaporkan satu kasus pun.

Pada bulan April, Pyongyang mengumumkan bahwa mereka akan melewatkan Olimpiade Musim Panas di Tokyo karena kekhawatiran tentang pandemi.

Periode hilangnya Kim Jong-un yang berkepanjangan telah memicu spekulasi tentang kesehatan dan pertikaian politiknya. Tahun lalu, media Barat dan Korsel berspekulasi bahwa dia sakit parah, mendekati kondisi vegetatif, atau bahkan telah meninggal. Laporan lain mengklaim bahwa dia telah digulingkan dalam kudeta oleh saudara perempuannya Kim Yo-jong, yang dalam beberapa tahun terakhir telah mengambil posisi senior di pemerintahan.(Din)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Luar Negeri

Warga Tokyo Kritik Rencana Penyelenggara Izinkan Alkohol di Olimpiade

Diterbitkan

Pada

Penulis

Warga Tokyo Kritik Rencana Penyelenggara Izinkan Alkohol di Olimpiade
ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Headline

PM Israel Yang Baru Izinkan ‘Ekspor Terbatas’ Produk Pertanian dari Gaza

Diterbitkan

Pada

PM Israel Yang Baru Izinkan 'Ekspor Terbatas' Produk Pertanian dari Gaza
PM Israel Naftali Bennett
Baca Berita

Luar Negeri

UE Kembali Bahas Kesepakatan Nuklir Iran

Diterbitkan

Pada

UE Kembali Bahas Kesepakatan Nuklir Iran
Baca Berita
Loading...