Sekalipun Sudah Terima Vaksin, Satgas Ingatkan Warga Tetap Jalankan Prokes

  • Bagikan
Sekalipun Sudah Terima Vaksin, Satgas Ingatkan Warga Tetap Jalankan Prokes
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) meskipun sudah menerima vaksin COVID-19.

Ganip mengaku setiap melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah di Indonesia, pihaknya selalu mengingatkan masyarakat terkait penerapan prokes.

“Kunjungan tersebut selain memastikan kesiapan fasilitas kesehatan dan memantau pelaksanaan vaksinasi, juga hendak mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, bahkan ketika mereka sudah menjalani vaksinasi,” kata Ganip dalam konferensi pers virtual terkait Kesiapan Antisipasi Lonjakan Kasus Pasca Libur Lebaran, Minggu (13/6/2021).

Ganip menyatakan, dalam rapat terbatas hari ini, Presiden Joko Widodo pun meminta agar Ketua Satgas COVID-19 bisa terus menerus mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Presiden juga meminta untuk mempercepat proses testing agar hasilnya lebih cepat, selain memperkuat tracing dan memperbaiki treatment, manajemen atau tata kelola rumah sakit. Bekerja sama dengan seluruh komponen masyarakat, serta melibatkan TNI dan Polri,” ujar dia.

Ganip mengaku baru melakukan peninjauan ke rumah susun (rusun) Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara. Rusun Nagrak merupakan salah satu tempat isolasi pasien COVID-19.

Menurut Ganip, kunjungan ini dilakukan guna mengecek kesiapan fasilitas yang ada di rumah rusun Nagrak, mengingat terjadi lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia setelah libur panjang.

Ganip memastikan bahwa fasilitas di Rusun Nagrak khusus orang tanpa gejala (OTG) kondisinya terkendali. (ndi)

  • Bagikan