SBY Klaim Pengangguran Drop di Masa Kepemimpinannya, Gerindra: Itu Hak Beliau Banggakan Dirinya Sendiri

mkd

Realitarakyat.com – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut pengangguran hingga kemiskinan drop di era kepemimpinannya. Partai Gerindra, yang menjadi oposisi SBY pada 2009-2014, bersuara.

“Silakan saja beliau mengklaim begitu, beliau berhak membanggakan masa kepemimpinan beliau sendiri,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (11/6/2021).

Gerindra menegaskan menghormati setiap pemimpin Indonesia, termasuk SBY. Gerindra yakin setiap pemimpin pasti berusaha sebaik mungkin untuk rakyatnya.

“Meskipun saat itu kami oposisi, tapi Gerindra selalu menghargai setiap pemimpin yang pernah menjabat, termasuk Pak SBY. Kami yakin semua pemimpin berupaya melakukan yang terbaik untuk bangsa ini,” ujar Habiburokhman.

SBY berbicara soal kemiskinan-pengangguran drop dalam Sidang Promosi Doktor IPB University Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) yang disiarkan di YouTube seperti dikutip Jumat (11/6). SBY bersyukur pernah berkuliah di IPB dan Ibas mengikuti jejaknya.

“Saya jadi ingat 17 tahun yang lalu, tahun 2004, juga mengikuti sidang terbuka seperti ini. Saya masih ingat disertasi yang saya tulis, saya persiapkan adalah judulnya, atau temanya, ‘Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Mengurangi Kemiskinan dan Pengangguran dengan Menggalakkan Pembangunan Pertanian Perdesaan dan Infrastruktur dari Sisi Ekonomi Politik Kebijakan Fiskal’. Itu dulu yang saya sampaikan,” kata SBY.

SBY bersyukur setelah kurang-lebih 3 bulan usai ujian terbuka tersebut, dia dipilih rakyat menjadi presiden. Menurut SBY, kandungan disertasinya terwujud selama 10 tahun kepemimpinannya.

“Dan alhamdulillah sejarah membuktikan kalau dulu setelah selesai memimpin pengangguran kita drop, kemiskinan kita drop secara signifikan, dan pertumbuhan meningkat dengan baik,” ujarnya.[prs]