Sambil Bercanda, Megawati sebut Bung Karno Cari Kuda Jinak

Realitarakyat.com – Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri berkalar mengenai kisah di balik Bung Karno naik kuda untuk kali pertama dalam hidupnya.

Dalam pidato sambutan saat peresmian patung Bung Karno di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Megawati mengatakan, Bung Karno berlatih naik kuda selama tiga hari. Waktu itu agenda peringatan hari ulang tahun pimpinan angkatan RI 1946.

“Karena sebagai presiden (Bung Karno) pada waktu itu, ini menurut cerita ibu saya (Fatmawati), maka beliau minta untuk dicarikan kuda yang jinak. Jadi tidak dapat saya bayangkan mendengar cerita ibu saya itu, bagaimana seorang Panglima tertinggi kudanya itu jinak. Tentunya, seharusnya garang, menurut saya,” kata Mega sambil tersenyum.

Megawati menghadiri peresmian patung Bung Karno menunggang kuda di Kemenhan didampingi putranya Prananda Prabowo bersama istri Nancy Prananda. Hadir juga Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Sesaat sebelum penandatangan prasasti, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo terlihat memanggil Prananda Prabowo ke depan untuk mendampingi Megawati. Usai meneken prasasti, Megawati pun menekan tombol hingga patung terlihat.

Sementara jajaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) dipimpin langsung oleh Menhan Prabowo Subianto. Sejumlah pejabat negara ikut hadir. Di antaranya adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono, KSAD Jenderal Andika Perkasa, Kepala BIN Budi Gunawan, serta para wakil kepala staf angkatan.(Din)