Connect with us

Olahraga

Resmi, UEFA Hapus Regulasi Gol Tandang di Liga Champions

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Sepak Bola Eropa. UEFA mengumumkan regulasi gol tandang di kompetisi Eropa, termasuk Liga Champions akan dihapuskan. Aturan ini mulai berlaku di musim 2021/2022.

Regulasi gol tandang telah digunakan selama lebih dari setengah abad lamanya. Namun, kini aturan tersebut tidak akan lagi menentukan di fase gugur di Liga Champions dan Liga Europa. Hal yang sama juga berlaku untuk kompetisi klub di level eropa lainnya, termasuk di sepak bola wanita maupun usia muda.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin menjelaskan bahwa aturan tersebut saat ini sudah bertentangan dari tujuan awal. Aturan tersebut dianggap menghambat tim untuk bermain sepak bola menyerang.

Keputusan tersebut diambil Komite Eksekutif UEFA berdasarkan rekomendasi dari Komite Kompetisi Klub UEFA dan Komite Sepak Bola Wanita UEFA.

“Komite Eksekutif UEFA hari ini telah menyetujui proposal untuk menghapus gol tandang dari semua kompetisi klub UEFA pada babak kualifikasi di kompetisi musim 2021/2022,” bunyi pernyataan resmi UEFA.

Aturan gol tandang semula diterapkan untuk menentukan pemenang dalam pertandingan sistem gugur dengan format dua leg. Tujuannya membedakan jumlah gol agregat yang sama dalam dua pertandingan.

Dalam kasus tersebut, tim yang telah mencetak jumlah gol tandang lebih banyak dianggap sebagai pemenang dan lolos ke babak selanjutnya meski berakhir dengan skor imbang.

Sebagai gantinya, UEFA akan menerapkan perpanjangan waktu 2×15 menit di akhir leg kedua jika kedua tim mengoleksi jumlah gol yang sama. Adu penalti bakal jadi jalan terakhir untuk menentukan tim yang lolos ke fase selanjutnya.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Jelang PON XX Papua, Kasatgas Patroli Udara Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Diterbitkan

Pada

Penulis

(ist/net)
Baca Berita

Olahraga

PON XX – Kalahkan Jabar, Tim Tenis Putri Papua Juarai Grup B

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net/ant)
Baca Berita

Olahraga

BNI Dukung Atlet Bulutangkis Bawa Pulang Tropy Sudirman Cup

Diterbitkan

Pada

Penulis

Direktur Utama BNI (Persero) Royke Tumilaar (ist/net)
Baca Berita
Loading...