Connect with us

Daerah

Repsol Akan Bangun Jalur pipa gas Blok Sakakemang Muba

Diterbitkan

Pada

Repsol Akan Bangun Jalur pipa gas Blok Sakakemang Muba
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Perusahaan migas asal Spanyol, Repsol, bakal membangun jalur pipa gas di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan untuk mendukung beroperasinya Blok Sakakemang di Kecamatan Bayung Lencir.

Asisten I Setda Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Yudi Herzandi di Sekayu, mengatakan, pemerintah kabupaten mendukung rencana Repsol tersebut karena sedari awal berharap Blok Sakakemang segera beroperasi.

“Terdapat tiga desa di dua kecamatan yang bakal dilintasi jalur pipa gas bumi tersebut, kami sudah sosialisasikan ke warga,” kata dia, Senin (7/6/2021).

Jalur pipa gas akan melintasi Kecamatan Bayung Lencir dan Tungkal Jaya, dari KBD 2X menuju fasilitas ConocoPhillips Gresik.

Adapun desa yang bakal dilintasi jalur pipa gas Repsol yakni Desa Sinar Tungkal dan Margo Mulyo di Kecamatan Tungkal Jaya, dan Desa Tampang Baru di Kecamatan Bayung Lencir.

“Kami mendukung pihak Repsol dalam membangun jalur pipa gas bumi ini. Masyarakat pun telah merespon positif,” katanya..

Pemkab Muba mendorong percepatan operasional Blok Sakakemang di Kecamatan Bayung Lencir setelah di lokasi tersebut ditemukan potensi gas sebanyak 2 triliun kaki kubik (TCF) pada 2019.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex pemkab akan memberikan dukungan dengan memberikan data mengenai tata ruang dan wilayah.

Selain itu, dalam waktu dekat akan dilakukan pembahasan mengenai penerimaan daerah serta Participating Interest (PI) yang akan dilakukan antara kontraktor Talisman dan BUMD Muba.

Ia menjelaskan, Pemkab Muba akan mempersiapkan BUMD yang khusus menjalin kerja sama dengan Pemprov Sumsel dalam rangka memaksimalkan PI sebagai penerimaan daerah dari hasil migas.

“Kami juga akan mengawal, agar eksplorasi migas ini tetap mengedepankan kelestarian lingkungan sekitar serta pemberdayaan masyarakat lokal,” kata dia.

Perusahaan eksplorasi minyak dan gas asal Spanyol, Repsol menargetkan Blok Sakakemang di Kecamatan Bayung Lincir, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, beroperasi pada 2023.

Penemuan cadangan gas baru di Sumur Kaliberau 2 (KBD2X) Blok Sakakemang pada Februari 2019, disebut-sebut sebagai penemuan terbesar ke empat di dunia pada periode 2018-2019.

Sumur KBD2X di Blok Sakakemang itu diperkirakan memiliki potensi kurang lebih 2 TCF (trillion cubic feet), atau menjadi temuan terbaik dalam eksplorasi migas di Indonesia dalam kurun waktu 18 tahun.(MT)

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Waduh! PT TMS Cuma Hargai Lahan Warga Sangihe Rp5 Ribu Permeter

Diterbitkan

Pada

Waduh! PT TMS Cuma Hargai Lahan Warga Sangihe Rp5 Ribu Permeter
Baca Berita

Daerah

12 Gerai McDonald’s Didenda Rp500 Ribu oleh Pemkot Bandung

Diterbitkan

Pada

12 Gerai McDonald's Didenda Rp500 Ribu oleh Pemkot Bandung
Baca Berita

Daerah

Wujudkan Pilkades Damai, Polsek Gerung Lobar Gelar Dialog Kebagsaan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Wujudkan Pilkades Damai, Polsek Gerung Lobar Gelar Dialog Kebagsaan
Baca Berita
Loading...