Peringatan! Vaksin Pfizer dan Moderna Berpotensi Picu Radang Jantung

  • Bagikan
Peringatan! Vaksin Pfizer dan Moderna Berpotensi Picu Radang Jantung
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat menambahkan peringatan baru ke dalam literatur vaksin Pfizer dan Moderna. Kedua vaksin itu berpotensi memicu radang jantung, meski peluangnya kecil.

Dikutip dari Reuters pada Sabtu (26/6/2021), dalam lembaran yang telah direvisi FDA tertulis bahwa ada peningkatan risiko miokarditis dan perikarditis, terutama setelah dosis kedua dan dengan timbulnya gejala dalam beberapa hari setelah vaksinasi.

Pada 11 Juni 2021 lalu, lebih dari 1.200 kasus miokarditis atau perikarditis dilaporkan ke Sistem Pelaporan Kejadian Tidak Bermanfaat Vaksin (VAERS) AS, dari sekitar 300 juta dosis vaksin mRNA yang diberikan.

Kasus tampaknya lebih tinggi pada laki-laki dan dalam seminggu, setelah dosis vaksin kedua. CDC mengidentifikasi 309 kasus rawat inap akibat peradangan jantung pada orang di bawah usia 30 tahun, 295 di antaranya telah dipulangkan.

Regulator kesehatan di beberapa negara telah menyelidiki kasus miokarditis dan perikarditis, lebih sering ditemukan pada pria muda, setelah suntikan Pfizer atau Moderna, vaksin yang didasarkan pada teknologi mRNA.

Pembaruan terbaru dari FDA mengikuti tinjauan ekstensif informasi dan diskusi oleh Komite Penasihat CDC tentang pertemuan Praktik Imunisasi pada Rabu (23/6) lalu.[prs]

  • Bagikan