Peran DPRD Dinilai Krusial Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi

joman

Realitarakyat.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan bahwa peran DPRD sangat krusial dalam penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi di Tanah Air.

“Saya melihat bahwa peran DPRD menjadi sangat penting dalam penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi. Sekali lagi peran dalam penyusunan peraturan menjadi krusial. Itu akan menjadi pegangan bagi para penegak,” kata Mendagri Tito Karnavian dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Mendagri mengatakan pada 2021 masih banyak tantangan yang perlu dihadapi bersama, terutama berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

Menurut dia, tiga fungsi yang dimiliki DPRD, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan menjadi sentral dalam penanganan wabah.

“Saya memohon kepada rekan-rekan sebagai komunikator yang baik dan jembatan yang baik perlu memberikan pemahaman kepada teman-teman politisi di DPRD,” kata dia.

Menjadi komunikator yang baik, kata dia, bertujuan agar para legislator di daerah betul-betul memanfaatkan tiga kewenangan dalam mengatasi permasalahan kendali COVID-19 dan memulihkan ekonomi dengan menangkap peluang yang ada.

Mendagri menyampaikan agar permasalahan nasional pandemi COVID-19 beserta dampak sosial ekonominya perlu diselesaikan bersama.

Sebagai legislator, kata dia, DPRD yang dipilih dengan legitimasi dari rakyat dan mewakili kepentingan rakyat membuat suara anggota DPRD memiliki pengaruh pada masyarakat sehingga perlu dimanfaatkan untuk menyosialisasikan dan mengkampanyekan protokol kesehatan.

“Sampaikan tentang cara menangani COVID-19.Paling gampang kampanyekan pakai masker. Ini beda kalau yang menyampaikan kepala daerah dengan anggota dewan yang dipilih oleh konstituen yang dipilih di dapilnya masing-masing. Itu akan lebih ‘powerfull’,” ujar Mendagri. (ndi)