Per Januari – Mei 2021, Polri Berhasil Gagalkan Peredaran 3,6 Ton Sabu

  • Bagikan
Per Januari - Mei 2021, Polri Berhasil Gagalkan Peredaran 3,6 Ton Sabu
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, bahwa pada periode Januari-Mei 2021, gagal menggagalkan peredaran narkoba jenis Sabu sebanyak 3,6 ton.

Dari data yang ada, menurut Listyo, sampai April 2021 kemarin saja, Polri telah berhasil melakukan narkoba jaringan internasional yang berasal dari Timur Tengah sebanyak 2,5 ton narkoba jenis Sabu.

“Khusus Tim Satgas Narkoba Polda Metro Jaya yang dalam kurun waktu 22 hari di bulan berikutnya berhasil melakukan hanya narkoba jaringan internasional dari Timur Tengah (Iran) dan Afrika (Nigeria) dengan total 1.129 ton narkoba jenis Sabu,” tulis Mapolda Metro Jaya , Senin (14/6/2021).

Sehingga, Listyo menyebutkan, dapat dikatakan sampai dengan Mei 2021, kurang lebih 3,6 ton narkoba jenis Sabu masuk ke Indonesia.

“Kita sama-sama prihatin, bahwa di tengah situasi pandemi COVID, di mana kita semua sedang sibuk untuk menekan laju pertumbuhan COVID, namun ternyata peredaran narkoba juga sangat tinggi,” ujarnya.

Atas hal itu, Listyo memerintahkan jajarannya dan melibatkan pihak terkait seperti Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham, Badan Narkotika Nasional (BNN), serta Bea dan Cukai untuk sama-sama memberantas narkoba sekaligus menekan angka penggunanya.

“Kita prihatin Indonesia saat ini menjadi negara dengan jumlah konsumen yang sangat besar. Ini tentunya menjadi tantangan kita, di samping bagaimana kita harus mencegah agar jangan sampai muncul lagi pengguna baru,”.(Din)

  • Bagikan