Pemprov NTB Akan Bangun Pabrik Pengolah Sampah di Lombok Barat

Realitarakyat.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan membangun pabrik pengelolah sampah menjadi bahan bakar solar ramah lingkungan dengan sistem Pirolisi dan Pabrik Bata Ecobrik di Kabupaten Lombok Barat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah M.Pd saat mengunjungi Bank Sampah Gelisah (Gerakan Lingkungan Sampah Nihil) yang berlokasi di Kampung Banjar Ampenan, Rabu (16/06).

“Untuk menjaga Kontiunitasnya sampah harus ada pabriknya “ungkap Ummi Rohmi.

Sementara pabrik sampah dibangun, Ummi Rohmi menyebutkan kunci utama dalam pengelolaan sampah adalah pilah sampah dari rumah. Apabila masyarakat sudah melakukan pemilahan sampah dari rumah, mulai dari sampah organik, sampah anorganik dan sampah bahan berbahaya dan beracun. Maka dapat dipastikan pemanfaatan sampah menjadi sumberdaya dapat direalisasikan oleh masyarakat.

“Kalau sampah sudah dipilah, baru kita bisa membuatnya bermanfaat. Kalau yang organik bisa dibuat menjadi pupuk organik, sisa yang lain dapat dibawa ke bank sampah untuk diolah kembali,” kata Ummi Rohmi.

Selain itu, pendiri Bank Sampah Gelisah, Lailatul Ulfa, mengungkapkan bahwa masyarkat Kampung Banjar sudah mulai bergerak melakukan pemilahan sampah.

“Pemilihan sampah sudah dilakukan oleh masyarakat, masalah sampah bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, namun bersama kita gotong royong dalam mengelola sampah untuk menjadi sumber daya,” tutup Ulva.

Ummi Rohmi juga melakukan peninjauan ke Rumah Ingez di Kelurahan Mataram Barat dan Bank Sampah Organik Andalan.(LS)