Pejabat Pemerintah Daerah Banyak yang Terlibat di Korupsi SDA

  • Bagikan
Pejabat Pemerintah Daerah Banyak yang Terlibat di Korupsi SDA
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Akademisi dan penyuluh anti-korupsi, Hania Rahma, mengatakan bahwa korupsi di sektor sumber daya alam memang banyak melibatkan peran dari para pemerintah daerah.

Bahkan, jumlah kepala daerah yang berstatus koruptor bahkan paling banyak terdapat di provinsi dengan SDA tinggi.

“Pada periode 2004-2018, kepala daerah yang terkena kasus banyak di Kalimantan Timur sebanyak enam orang, Riau enam orang, Sulawesi Tenggara enam orang, Papua lima orang, Sumatera Selatan lima orang, dan Aceh empat orang,” ucap Hania dalam diskusi Publish What You Pay Indonesia secara virtual, Sabtu (19/6/2021).

Beberapa contoh kasus korupsi terkait sumber daya alam yang melibatkan kepala daerah, menurut catatannya, di antaranya kasus korupsi senilai Rp2,7 triliun oleh Bupati Konawe Utara pada 2014, korupsi senilai Rp1,2 triliun oleh beberapa bupati di Riau pada 2001-2007.

Mantan direktur pembinaan jaringan kerja antar-komisi dan internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sudjanarko, pun mengatakan bahwa tindakan pencegahan korupsi perlu dibina lebih kuat di internal kabupaten, kota, dan provinsi.

“Frontliner untuk penyelesaian masalah ini sebenarnya ada di kabupaten/kota. Sayangnya kita ada problem serius terkait kapasitas wali kotanya, bupatinya, dan DPRD-nya,” kata Sudjanarko.

Dari sisi KPK, ia mengakui lembaga anti-rasuah juga masih kesulitan memberantas korupsi di sektor sumber daya alam ini karena jejak administrasi sebagai barang bukti masih sulit didapat. Untuk itu, dibutuhkan kerja sama yang lebih luas dilakukan dengan berbagai lembaga lain.

“Memang sampai hari ini, problemnya adalah KPK belum bisa menangkap istilahnya ketua kelasnya. Yang baru bisa ditangkap adalah wakil ketua kelasnya. Kenapa KPK kok tidak bisa menangkap ketua kelasnya? Karena jejak administrasi terkait pidana itu tidak ada. Kita butuh bukti yang lebih tinggi,” katanya.[prs]

  • Bagikan