Connect with us

Daerah

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai – Asahan Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Salah Namo

Diterbitkan

Pada

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai - Asahan Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Salah Namo
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Dalam rangka menjaga kelestarian biota laut, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai – Asahan menggelar kegiatan transplantasi terumbu karang di Pulau Salah Namo, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Kegiatan transplantasi terumbu karang tersebut dilaksanakan Lanal Tanjungbalai – Asahan dengan menggandeng Universitas Negri Medan (Unimed).

Tujuannya untuk melestarikan terumbu karang yang sudah mulai rusak.

Kepada awak media, Selasa (22/6), Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory,SE mengatakan, transplantasi terumbu karang tersebut dilaksanakan karena terumbu karang di sekitar perairan Pulau Salah Namo, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara sudah banyak yang rusak dan tidak terawat. Oleh sebab itu, lanjutnya, kegiatan transplantasi terumbu karang ini dilakukan untuk mengembalikan kelestarian terumbu karang sebagai tempat hidup biota laut di perairan Pulau Salah Namo, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

“Terumbu karang di sekitar perairan Pulau Salah Namo, Kabupaten Batu bara ini sudah tidak terawat, karena itu, kegiatan transplantasi ini dilakukan dengan tujuan untuk kembali melestarikan terumbu karang sebagai tempat hidup biota laut. Dan dalam kegiatan transplantasi terumbu karang ini,  tidak hanya melibatkan personel prajurit TNI AL, juga melibatkan sejumlah mahasiswa dari Universitas Negeri Medan atau Unimed,” ujar Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory,SE.

Menurut Danlanal TBA, kegiatan transplantasi terumbu karang yang dilakukan pada hari Minggu (20/6) itu, juga melibatkan pihak luar seperti mahasiswa. Tujuannya adalah, lanjutnya, untuk mengajak serta mengajarkan generasi muda agar mencintai laut dan menjaga terumbu karang yang menjadi tempat hidup ikan dan binatang laut lainnya.

Danlanal juga menegaskan, bahwa TNI AL memang sudah mempunyai agenda tahunan untuk melakukan transplantasi terumbu karang dan akan terus dilakukan secara berkesinambungan.

“Kegiatan ini sifatnya berkesinambungan dan tidak cuma berhenti pada transplantasi terumbu karang saja, tapi juga pengecekan dan pemeliharaannya akan diperhatikan,” pungkasnya.

Diinformasikan juga, bahwa untuk kegiatan transplantasi terumbu karang diperairan Pulau Salah Namo itu, penyelaman dipimpin oleh Lettu Laut (T) Rochman Sunarso bekerjasama dengan mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang dipelajari di kampus tentang transplantasi terumbu karang dengan terjun langsung kelapangan.

“Kegiatan ini merupakan tahap restorasi dan rehabilitasi melalui transplantasi karang metode MARRS rangka laba-laba. Sudah ada beberapa yang sudah kita masukkan ke dasar laut, setelah sebelumnya bibit terumbu karang sudah diikat oleh mahasiswa dibantu oleh personel TNI AL.

Kami berharap, dengan transplantasi ini dapat memperkaya metode rehabilitasi terumbu karang di Indonesia, karena materialnya adalah ramah lingkungan dengan proses mudah,” kata Lettu Laut (T) Rochman Sunarso. (ign)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Putusan Kasasi Diterima, Jaksa Eksekusi 4 Terdakwa Kasus Korupsi  Rp. 148 Miliar

Diterbitkan

Pada

Putusan Kasasi Diterima, Jaksa Eksekusi 4 Terdakwa Kasus Korupsi  Rp. 148 Miliar
Baca Berita

Daerah

Tunggu Hasil PKN, Jaksa Segera Tetapkan Tersangka Kasus PDAM

Diterbitkan

Pada

Tunggu Hasil PKN, Jaksa Segera Tetapkan Tersangka Kasus PDAM
Baca Berita

Daerah

Penerapan Konsep Design Thinking Pada Kegiatan Upgrading Organisasi Remaja Masjid di Jatiasih Bekasi

Diterbitkan

Pada

Penulis

Penerapan Konsep Design Thinking Pada Kegiatan Upgrading Organisasi Remaja Masjid di Jatiasih Bekasi
ilustrasi (ist/net)
Baca Berita
Loading...