Pangdam Kasuari Papua: Jangan Jadi Pengkhianat di Sini

  • Bagikan
Pangdam Kasuari Papua: Jangan Jadi Pengkhianat di Sini
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, memerintahkan jajarannya untuk meningkatkan kedisiplinan dan selalu mematuhi aturan yang berlaku dalam Peraturan Militer Dasar (Permildas) yang tergabung dalam P5.

Hal itu disampaikan Cantiasa, di hadapan para Prajurit dan PNS Makodam dan Balakdam saat Apel Gabungan di lapangan upacara Makodam XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat, Senin (7/6/2021).

“Terus tingkatkan soliditasmu, tingkatkan persatuan kesatuan, dan jangan jadi pengkhianat di sini. Kalian harus setia kepada pimpinan kalian, harus setia pada kawan-kawan di sebelahmu,” ungkapnya seperti dikutip Redaksi dari keterangan tertulis, Jakarta, Senin (7/6/2021).

“Lebih dari itu, sebagai Prajurit TNI, kita harus setia kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya sebagai pimpinanmu, setia sama kamu,” ujar Cantiasa melanjutkan.

Cantiasa pun menjelaskan, bahwa maksud dan tujuan apel gabungan itu dilaksanakan adalah karena ada beberapa hal yang harus dibenahi dan dievaluasi.

“Ada hal-hal yang prinsip namun masih terjadi. Kodam ini adalah pusatnya. Untuk itu para prajurit yang berdinas di sini harus menjadi contoh, teladan bagi seluruh prajurit di satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari,” katanya.

Cantiasa menegaskan, tidak boleh ada satupun hal-hal yang salah terkait dengan penerapan P5, yaitu Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Disiplin Tentara (PDT), Peraturan Dinas Garnizun (PDG), dan Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD) di dalam kehidupan kedinasan prajurit.

“Di hatimu harus sudah terpatri disiplin P5. Saat Jaga Satri (Kesatriaan) tidak boleh main-main. Kalau kamu sudah masuk ke istanamu, singgasanamu, Jaga Satri itu atau pos depan, kalian harus menjadi contoh, kamu harus bisa dibanggakan,” ungkapnya.

Kelak, Cantiasa menyampaikan, para prajurit yang saat ini masih menjadi bawahan, pasti akan menjadi pimpinan dan akan menggantikan para pimpinan yang saat ini masih menjabat.

“Jangan sudah diberikan kedewasaan tetapi tidak dilaksanakan, karena itu adalah cerminan satuan. Ingat, kita ini TNI, tentara yang mempunyai disiplin,” ujarnya.

“Sekali lagi, jangan ragu-ragu dalam melaksanakan P5. Untuk itulah hari ini saya apelkan gabungan untuk kita mengingatkan lagi, kamu tidak boleh lupa, dan tetap sesuai protokol kesehatan (COVID-19), tetapi sebagai jati diri seorang TNI, Prajurit Kodam XVIII/Kasuari, kamu harus lebih baik,” kata Cantiasa menambahkan.

Sekadar informasi, apel gabungan tersebut diikuti seluruh prajurit Kodam XVIII/Kasuari, termasuk Kasdam Brigjen TNI Djoko Andoko, Irdam Brigjen TNI Steve C. Parengkuan, Kapoksahli Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, para Perwira Staf Ahli Pangdam, Asisten Kasdam, dan para Kepala Badan Pelaksana Kodam (Kabalakdam) XVIII/Kasuari.(Din)

  • Bagikan
Loading...