Pakar Ekonom Faisal Basri : Utang PLN Bukan Foya -foya Tapi Untuk Investasi

  • Bagikan
Pakar Ekonom Faisal Basri : Utang PLN Bukan Foya -foya Tapi Untuk Investasi
Faisal Basri/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ekonom senior Faisal Basri menerangkan, utang PLN tidak dipakai untuk foya-foya, melainkan hampir semuanya buat investasi . Menurut dia, peningkatan jumlah utang PLN jauh di bawah investasi dan nilai aset BUMN itu. Faisal menyebutkan PLN mencatatkan utang Rp451 triliun pada 2020 atau turun Rp2 triliun dibanding 2019.

“Utang PLN tidak dipakai untuk foya-foya. Hampir semua dipakai untuk investasi. Hanya sebagian kecil untuk menjaga cashflow (arus kas),” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (14/6/2021).

Menurut dia, hal itu karena PLN mencatatkan penambahan utang Rp199 triliun pada periode 2015-2020. Sebaliknya, nilai investasi PLN pada periode yang sama mencapai Rp448 triliun, lebih banyak dibanding keseluruhan penambahan utang PLN di periode 2015-2020.

Wujud investasi tersebut antara lain penambahan aset berupa pembangkit total 10.000 megawatt, transmisi sepanjang 23.000 kilometer sirkuit, dan gardu induk total 84.000 MvA.

Bagi masyarakat, manfaat investasi PLN dirasakan dalam bentuk peningkatan rasio elektrifikasi. Dari 88,3% menjadi 99,2%.

Dengan kata lain, hampir seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau layanan kelistrikan dari PLN.

“PLN ini BUMN aset terbesar, sampai April 2021 mencapai Rp1.599,5 triliun. Harus kita jaga bersama-sama. Tidak ada BUMN lain dengan aset sebesar ini,” kata Faisal.

Pernyataan Faisal dikuatkan laporan keuangan PLN dan sejumlah BUMN. BRI dan Bank Mandiri punya aset masing-masing Rp1.387 triliun dan Rp1.001 triliun. Sementara Pertamina Rp984 triliun.

Adapun Aset BNI dan BTN masing-masing bernilai Rp709 triliun dan Rp297 triliun. BUMN lain beraset total di bawah PLN, Pertamina, dan empat bank pemerintah tersebut.

Investasi PLN, lanjut Faisal, bisa lebih besar dari utang karena sumber dananya tidak hanya pinjaman. Sebagian investasi PLN didanai dari kas internal dan penambahan modal. Investasi dari kas internal dimungkinkan karena PLN masih mencatatkan keuntungan.

Dia mengapresiasi tata kelola keuangan PLN yang tetap untung meski harga listrik tidak naik sejak 2017. Padahal, sumber pendapatan PLN hanya dari menjual daya. “Ongkos naik terus, harga tidak boleh dinaikan,” tuturnya.

Pendapatan PLN bisa naik karena jumlah pelanggan memang bertambah dari 61 juta menjadi 79 juta. Meski menambah pendapatan, peningkatan pelanggan juga menaikkan biaya produksi. Sebab, semakin banyak pelanggan harus dilayani.

“Penyambungan kabel, penyediaan energi primer, semua butuh biaya,” kata dia.(ilm)

  • Bagikan