Over kapasitas, RSUP Fatmawati Tidak Terima Lagi Pasien Covid

Realitarakyat.com – RSUP Fatmawati di Jakarta Selatan tidak menerima lagi pasien non-COVID-19 karena kapasitas rumah sakit sudah melebihi batas dan untuk menghindari penularan virus Corona.

“Saat ini ada kenaikan jumlah pasien yang terkonfirmasi COVID-19 dan jumlahnya melebihi kapasitas ruang perawatan COVID-19,” kata Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Humas RSUP Fatmawati Jakarta, Iwan Rusmana saat dikonfirmasi, Rabu (23/6/2021).

Menurut dia, untuk mengantisipasi penambahan jumlah dan mencegah potensi transmisi penularan COVID-19, pihak rumah sakit sudah mengambil langkah antisipasi. Pertama, IGD RSUP Fatmawati saat ini hanya menerima pasien terkonfirmasi COVID-19 dengan gejala sedang, berat, dan kritis.

Kedua, kata dia, bagi pasien terkonfirmasi COVID-19 dengan gejala ringan dianjurkan untuk ke Wisma Atlet dan pasien terkonfirmasi COVID-19 tanpa gejala dianjurkan Isolasi Mandiri. Lalu, pasien COVID-19 dapat diterima di RSUP Fatmawati apabila kapasitas IGD masih tersedia.

“Bagi pasien umum atau Non Covid yang masuk melalui IGD untuk sementara waktu akan diarahkan ke rumah sakit sekitar guna menghindari penularan atau transmisi COVID-19,” katanya0(ilm)