Connect with us

Kesehatan

Obat Medis Rumahan yang Ampuh Atasi Bau Mulut

Diterbitkan

Pada

Obat Medis Rumahan yang Ampuh Atasi Bau Mulut
ilustrasi (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Bau mulut memang mengganggu. Selain tak nyaman, bau mulut juga bisa membuat percaya diri jadi menurun bahkan untuk sekadar mengobrol dengan orang di sekitar.

Namun, jangan biarkan bau mulut mengganggu aktivitas Anda. Sejumlah obat penghilang bau mulut baik secara medis dan alami di bawah ini dapat dicoba untuk menghilangkan bau mulut membandel.

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah bau mulut. Beberapa orang ada yang menyadarinya tanpa perlu diberi tahu. Sementara lainnya tanpa disadari mungkin mengalami masalah ini selama bertahun-tahun.

Penyebab terjadinya kondisi ini pun ada banyak. Mulai dari kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut yang buruk hingga tanda dari suatu penyakit. Apa pun itu, masalah bau mulut sebaiknya harus segera diatasi.

Berikut ini pilihan obat medis yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau mulut.

1. Obat kumur
Selain harus rajin sikat gigi dan flossing setiap hari, Anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut. Tidak cukup hanya dengan jenis obat kumur yang mampu menyegarkan, sebaiknya pilih yang mempunyai kandungan antibakteri sebagai obat penghilang bau mulut.

Anda dapat menggunakan obat kumur yang mengandung cetylpyridinium chloride (Cepacol) dan chlorhexidine (Peridex). Kedua senyawa tersebut dapat membantu mengurangi senyawa penyebab bau tak sedap di mulut.

Ada banyak obat kumur dengan berbagai merek di pasaran. Namun, obat kumur yang mengandung chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride umumnya hanya tersedia dengan resep dokter. Sementara hidrogen peroksida biasanya dijual bebas di apotek atau swalayan.

Baik dengan atau tanpa resep dokter, selalu gunakan obat kumur sesuai aturan yang dianjurkan. Obat yang digunakan sembarangan dapat menyebabkan efek samping berbahaya.

Maka dari itu, selalu baca dengan teliti petunjuk pemakaian setiap obat yang akan Anda gunakan. Bila Anda tidak paham betul dengan aturan pakainya, jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter.

2. Pasta gigi khusus
Pasta gigi yang Anda gunakan dapat menentukan seperti apa aroma napas Anda. Pertimbangkan agar memililh pasta gigi yang mengandung fluoride sebagai obat yang diklaim mampu untuk menjadi penghilang bau mulut.

Fluorida adalah mineral alami yang berguna untuk menjaga dan melindungi gigi dari kerusakan. Menurut Hadie Rifai, juru bicara dari American Dental Association, pasta gigi terbaik adalah yang mengandung minimal 1.000 ppm fluorida.

Kandungan ini pun dapat membuat gigi menjadi lebih tahan terhadap serangan asam serta bakteri. Senyawa antibakteri didalamnya diklaim mampu menghambat pertumbuhan bakteri serta mencegah mikroba yang menempel pada gigi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung triclosan. Hal ini karena kandungannya juga dapat membantu mencegah pertumbuhan plak penyebab bau mulut dan penyakit gusi.

Sebelum membeli, pastikan pasta gigi yang Anda beli sudah mendapat persetujuan dari American Dental Association atau BPOM RI.

3. Semprotan penyegar napas
Obat semprot penyegar napas dapat digunakan sebagai obat penghilang bau mulut yang membandel di saat-saat mendesak.

Cara menggunakannya pun tergolong cukup praktis. Anda cukup menyemprotkannya langsung ke rongga mulut. Tunggu sebentar, kemudian bau mulut pun menghilang dan napas Anda menjadi lebih segar.

Pastikan obat semprot yang Anda beli sudah terdaftar oleh Badan POM untuk memastikan keamanannya.

Obat alami sebagai penghilang bau mulut
Selain obat medis atau yang sudah diresepkan oleh dokter secara khusus, Anda pun juga bisa menggunakan obat alami untuk penghilang masalah bau mulut.

Beragam obat alami ala rumahan di bawah ini dapat Anda coba sebagai penghilang bau mulut yang membandel seperti di bawah ini.

1. Rajin sikat gigi
Penyebab paling sering dari bau mulut adalah gigi yang kotor. Maka, obat paling sederhana untuk menumpas bau mulut adalah dengan rajin sikat gigi setiap hari.

Pastikan Anda menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur, ditambah setelah makan. Jangan sembarangan, perhatikan pula teknik menyikat gigi dengan cara yang tepat.

Agar gigi dan mulut benar-benar terjamin bersih, Anda juga butuh flossing. Flossing adalah teknik membersihkan sela-sela gigi dengan benang. Flossing dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela gigi dan sulit dijangkau bulu sikat.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin membersihkan lidah menggunakan alat penggosok lidah. Ingat, lidah Anda juga sumber bakteri, lho! Bila Anda jarang membersihkannya, bakteri akan terus menumpuk hingga menyebabkan mulut berbau tak sedap.

2. Banyak minum air putih
Jarang minum air putih akan membuat mulut Anda kering. Akibatnya, produksi air liur di dalam mulut pun terganggu. Bila produksi air liur di dalam mulut berkurang, sisa makanan akan menumpuk di dalam mulut dan membuat bau.

Air liur justru penting untuk membantu melembapkan mulut dan membilas sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.

Nah, banyak minum air putih merupakan solusi terbaik untuk mencegah mulut kering. Hal ini secara tidak langsung juga jadi obat alami sebagai penghilang bau mulut. Aroma napas Anda pun jadi lebih segar alami.

3. Makan buah apel
Buah apel juga bisa jadi obat alami untuk membantu menghilangkan bau mulut. Ya, selain kaya serat yang bikin cepat kenyang, apel juga bisa membuat napas jadi lebih segar.

Mengunyah buah apel dapat membuat mulut lebih banyak menghasilkan air liur. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko mulut kering, si penyebab utama bau mulut.

Selain buah apel, Anda juga bisa makan buah pir supaya produksi air liur Anda melimpah sekaligus dijadikan sebagai obat alami penghilang bau mulut.

4. Yogurt
Sejumlah penelitian menunjukkan yogurt dapat dijadikan obat alami untuk membantu meredakan sekaligus penghilang bau mulut. Kandungan laktobasilus atau probiotik dalam yogurt ampuh untuk membasmi bakteri jahat di dalam mulut.

Lebih jauh, probiotik dalam yogurt juga mampu menurunkan kadar hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri jahat. Hidrogen sulfida inilah yang menyebabkan keluarnya bau tidak sedap dari mulut Anda.

Pilihlah yogurt yang plain alias tanpa rasa sebagai cara alami penghilang masalah bau mulut. Yogurt dengan beragam rasa cenderung mengandung gula tambahan, yang dapat mengundang bakteri dalam mulut.

5. Berkumur dengan soda kue atau cuka
Obat alami lainnya yang bisa Anda coba sebagai penghilang bau mulut adalah dengan memanfaatkan soda kue atau cuka.

Dikutip dari sebuah studi yang dilansir oleh PubMed, soda kue atau baking soda mempunyai kandungan natrium karbonat yang secara efektif membunuh bakteri di mulut.

Cukup dengan mencampurkan 2 sendok teh soda kue dengan satu cangkir air hangat.

Selain soda kue, Anda juga bisa memanfaatkan cuka sebagai obat penghilang bau mulut. Di dalamnya terdapat senyawa asam alami yang disebut sebagai asam asetat. Perlu diketahui apabila kandungan ini pun mampu mengurangi pertumbuhan bakteri. (ndi)

 

sumber: hellosehat

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Perlukah Tes Ulang PCR Setelah Selesai Isolasi

Diterbitkan

Pada

Penulis

Perlukah Tes Ulang PCR Setelah Selesai Isolasi
ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Headline

Sidak Ke Apotik Di Bogor, Jokowi Telp Menkes Karena Tidak Temukan Obat Covid

Diterbitkan

Pada

Penulis

Sidak Ke Apotik Di Bogor, Jokowi Telp Menkes Karena Tidak Temukan Obat Covid
Baca Berita

Headline

Menkominfo: Kunci Penanganan COVID-19 Adalah Kerjasama Pemerintah dan Masyarakay

Diterbitkan

Pada

Menkominfo: Kunci Penanganan COVID-19 Adalah Kerjasama Pemerintah dan Masyarakay
Baca Berita
Loading...