Mulai Hari Ini, Thailand Berlakukan Pembatasan Baru di Sekitar Bangkok

  • Bagikan
Mulai Hari Ini, Thailand Berlakukan Pembatasan Baru di Sekitar Bangkok
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Thailand mengumumkan pembatasan baru yang berlaku di sekitar ibu kota dalam upaya untuk mengatasi wabah virus corona terburuk di negara itu.

Pengumuman ini disampaikan Minggu (27/6/2021) dan mulai berlaku efektif Senin (28/6/2021) selama 30 hari mendatang.

Menurut dokumen yang diterbitkan dalam lembaran kerajaan, pemerintah melarang warga untuk makan di restoran di Bangkok, dan lima provinsi sekitarnya dalam pembatasan baru ini.

Disebutkan juga pusat perbelanjaan di Bangkok dan lima provinsi harus ditutup pada pukul 9 malam, dan pesta atau perayaan, atau kegiatan yang melibatkan pertemuan lebih dari 20 orang akan dilarang untuk durasi yang sama, kata dokumen itu.

Selain itu, lokasi konstruksi di enam area akan ditutup dan kamp pekerja akan ditutup untuk menampung cluster mereka yang terinfeksi Covid-19. Sebab, diseluruh kawasan itu terdapat 575 lokasi kamp pekerja yang dihuni sekitar 81.000 orang.

Perintah itu menyusul munculnya lebih banyak kelompok infeksi di kamp-kamp konstruksi di ibu kota. Sejak Mei, 37 cluster telah ditemukan di kamp-kamp Bangkok.

Pihak berwenang akan mendirikan pos pemeriksaan di Bangkok dan lima provinsi untuk membatasi perjalanan dan relokasi pekerja konstruksi. Selain itu, pemerintah juga akan membuka pos pemeriksaan di empat provinsi selatan di dekat Malaysia.

Melansir Reuters, #BangkokLockdown menjadi tren di Twitter pada Minggu dini hari. Tagar ini dibanjiri keterkejutan mereka soal pengumuman itu serta kritik soal waktu pengumuman.

Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha mengatakan pada hari Jumat bahwa dia ingin menghindari kata lockdown (penguncian). Pemerintah juga menargetkan pembatasan untuk bisnis dan kegiatan tertentu untuk mengurangi penularan.[prs]

  • Bagikan