Connect with us

Ekonomi

Menteri Airlangga Sebut Realisasi Anggaran PEN Indonesia Baru Capai 29,9 Persen

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjabarkan realisasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga saat ini mencapai 29,9 persen dari total pagu anggaran Rp699,4 triliun.

Menurut Airlangga pencairan anggaran PEN bertambah Rp86,7 triliun dari realisasi kuartal I (Januari-Maret) 2021 yang sebesar Rp123 triliun atau total saat ini menjadi Rp209 triliun.

“Pelaksanaan dari Program PEN itu telah mencapai 29,9 persen dari pagu atau naik Rp86,7 triliun dari realisasi kuartal pertama yang mencapai Rp123,2 triliun,” ujar Menko Airlangga, dalam konferensi pers virtual di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/6/2021).

Kenaikan realisasi anggaran PEN terlihat dari penyerapan anggaran belanja sektor perlindungan sosial yang mencapai 39,2 persen dari pagu sektor tersebut yang mencapai Rp150,2 triliun.

Kemudian realisasi anggaran sektor kesehatan PEN sebesar 18,8 persen dari pagu Rp175,2 triliun, realisasi program prioritas PEN sebesar 28 persen dari pagu Rp123,6 triliun.

Selanjutnya, ujar MenkoAirlangga, realisasi anggaran sektor dukungan UMKM dan Korporasi sebesar 21 persen dari total pagu Rp193,5 triliun dan realisasi insentif untuk usaha sebesar 79,9 persen dari pagu sebesar Rp56,7 triliun.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan anggaran belanja PEN sebesar Rp699 triliun harus cepat direalisasikan dan juga tepat sasaran.

“Karena kita harus kejar-kejaran, dan tepat sasaran agar ekonomi kita bisa bangkit kembali,” kata Presiden Jokowi pekan lalu, Kamis (27/5).

Presiden Jokowi menyebutkan realisasi belanja PEN sejauh ini berjalan lambat.

“Serapan belanja PEN, pemulihan ekonomi nasional, juga masih rendah baru 24,6 persen. Sekali lagi, kecepatan tapi juga ketepatan sasaran,” ujar Presiden Jokowi.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Walhi: Ketimpangan Penguasaan Lahan, Warga Jadi Kehilangan Sumber Produksi Pertanian dan Perkebunan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Direktur Eksekutif Walhi Sumsel, Hairul Sobri (ist/net)
Baca Berita

Ekonomi

Wih! Pemerintah Targetkan Produksi 600 Ribu Mobil Listrik di 2023

Diterbitkan

Pada

Penulis

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasmita/Net
Baca Berita

Ekonomi

Pemerintah Klaim Potensi Ekonomi dari Gelaran World Superbike Mandalika Bisa Capai Rp500 Miliar

Diterbitkan

Pada

Penulis

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau kesiapan sirkuit Mandalika jelang gelaran World Superbike/Net
Baca Berita
Loading...