Marquez Tak Yakin Bisa Lanjutkan Kemenangan di Assen

  • Bagikan
Marquez Tak Yakin Bisa Lanjutkan Kemenangan di Assen
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kemenangan di Sachsenring di akhir pekan lalu, ternyata tak membuat Marc Marquez merasa optimis untuk kembali raih podium di MotoGP Belanda 2021 besok. Dia merasa tidak yakin bisa lanjutkan kemenangan di Assen.

Pasalnya, profil Assen berbeda dengan Sachsenring. Assen memiliki 12 tikungan ke kanan dan hanya enam tikungan ke kiri. Hal itu bakal membebani lengan kanan Marquez.

“Saya pikir di sini (Assen) kami akan kembali ke situasi kami yang sebenarnya, tetapi bagaimanapun juga kemenangan itu penting sebelum liburan musim panas,” ucap Marquez.

“Kami akan mencoba melewati sirkuit Assen dan kemudian kami akan memiliki lebih dari satu bulan untuk melanjutkan program kami dan mari lihat apakah kita bisa berkendara dengan cara yang lebih baik daripada Mugello dan Montmelo,” imbuhnya.

“Namun, saya tidak bisa berharap di level yang sama dengan Sachsenring,” ujar peraih enam gelar juara dunia MotoGP itu.

Marquez tahu, jika menggunakan cara balap di Sachsenring untuk Sirkuit Assen, dia bisa jadi terjatuh seperti di seri Perancis, Italia, dan Catalan.

Oleh sebab itu, Marquez tidak berani memasang target tinggi di MotoGP Belanda. Masuk 10 besar saja sudah bagus menurut pebalap berkebangsaan Spanyol itu.

“Jika saya memaksa seperti di Sachsenring untuk Assen, saya akan terjatuh lagu seperti di Mugello (MotoGP Italia) dan Montmelo (MotoGP Catalan),” ucap rider 28 tahun itu.

“Ini akan menjadi target. Saya akan mencoba membalap seperti di Mugello dan Montmelo, bukan Sachsenring. Ini artinya saya akan berusaha untuk di posisi 10 besar, tak lebih dari itu.

Marc Marquez baru saja menyelesaikan sesi latihan bebas pertama dan kedua (FP1 dan FP2) MotoGP Belanda 2021, Jumat (25/6/2021).

Dari hasil gabungan FP1 dan FP2, diketahui bahwa Marquez menjadi pebalap tercepat keenam. Dia sempat mengalami highside pada FP2, tetapi beruntung tidak cedera.

Hari ini, Sabtu (26/6/2021), Marquez bakal kembali ke Sirkuit Assen untuk mengikuti sesi FP3-F4 dan kualifikasi MotoGP Belanda 2021.

Menoleh ke belakang, di Sachsenring pekan lalu, setelah 581 hari hampa kemenangan di MotoGP, Marc Marquez (Repsol Honda) akhirnya kembali ke podium pertama lagi.

Kemenangan Marquez itu, diraih saat membalap di Sirkuit Sachsenring pada seri MotoGP Jerman 2021, Minggu (20/6/2021).

Podium pertama tersebut juga merupakan kemenangan pertama The Baby Alien sejak cedera lengan kanan pada MotoGP Valencia musim lalu.

Hasil positif Marquez di MotoGP Jerman itu terbantu dengan karakter Sirkuit Sachsenring yang berlawanan dengan arah jarum jam.

Trek sepanjang 3,7 kilometer itu memiliki 10 tikungan ke kiri dan hanya tiga belokan ke kanan, sehingga tidak membebani lengan kanan Marquez.

“Tentu saja, itu adalah kemenangan penting Minggu lalu,” ucap Marquez, sebagaima dikutip dari Motorsport.

“Itu kemenangan penting dan tersulit dalam karier saya karena kami datang dari situasi sulit dan ini memberi kami motivasi ekstra,” imbuhnya.

Kemenangan di Sachsenring menjadi modal bagus bagi Marquez untuk mengarungi seri berikutnya, MotoGP Belanda.

Akan tetapi, Marquez merasa tidak yakin dia bisa melanjutkan laju positifnya di seri tersebut karena faktor Sirkuit Assen. (ndi)

  • Bagikan