Makin Menggila, Jokowi Tagih Komitmen Kepala Daerah Atasi COVID-19

  • Bagikan
Makin Menggila, Jokowi Tagih Komitmen Kepala Daerah Atasi COVID-19
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Jokowi meminta komitmen para kepala daerah untuk menegakkan disiplin kepada masyarakat. Menurut pengamatan Presiden, saat ini kebijakan PPKM mikro belum optimal.

Jokowi meminta kesungguhan para kepala daerah terhadap komitmen atas kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat.

“Persoalannya PPKM mikro saat ini belum menyeluruh dan masih sporadis di beberapa tempat. Untuk itu saya minta kepada Gubernur, Bupati dan Wali kota untuk meneguhkan komitmennya, mempertajam penerapan PPKM mikro,” kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers dari Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/6/2021).

Kata Jokowi, pengoptimalan PPKM Mikro atau pembatasan kegiatan masyarakat berbasis wilayah paling kecil bisa dilakukan melalui dibangunnya Posko COVID-19.

Dan itu, kata dia sebetulnya sudah terbentuk di masing-masing wilayah, seperti di tingkat Desa atau Kelurahan. Yang menjadi catatan, keberadaan posko harus lah diikuti perubahan perilaku di masyarakat.

“Fungsi utama posko adalah mendorong perubahan perilaku masyarakat agar disiplin 3M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan kedisiplinan. 3M menjadi kunci dan menguatkan pelaksanaan 3T testing tracing, treatment hingga ke tingkat desa,” ujar Kepala Negara.

Jokowi meminta agar disiplin masyarakat akan protokol kesehatan semakin dipantau. Dengan disiplin, penularan virus bisa ditekan. Tantangan menghadapi atau mengendalikan COVID-19 di Tanah Air perlu kesadaran bersama.

“Mari kita semua lebih berdisiplin, disiplin yang kuat dalam menghadapi wabah ini. Wabah ini masalah yang nyata,” kata Jokowi.(ilm)

  • Bagikan