Majukan BUMN, Erick Thohir Akan Tunjuk Anak – Anak Muda Jadi Peminpin

  • Bagikan
Majukan BUMN, Erick Thohir Akan Tunjuk Anak - Anak Muda Jadi Peminpin
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan, harus ada keseimbangan antara pemimpin muda dan senior pada perusahaan pelat merah. Hal ini disampaikan saat mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan itu terus meningkat porsi pemimpin muda.

“Saya tipe pemimpin yang percaya keseimbangan, saya tidak pernah bilang yang muda itu paling bagus atau paling emosi, yang senior itu paling bijak atau juga paling benar. Keseimbangan itu penting dalam kehidupan,” ujar Erick Thohir di Jakarta, Senin (14/6/2021).

Untuk meningkatkan porsi kepemimpinan BUMN muda berusia dibawah 42 tahun sebesar 5%, dibentuk komunitas generasi muda di lingkungan BUMN yang disebut BUMN Muda.

Komunitas itu dibentuk sejalan dengan agenda dan target transformasi human capital yang ditetapkan Erick Thohir untuk meningkatkan persentase generasi muda di bawah 42 tahun di jajaran BoD dan BoD-1 BUMN sebanyak minimal 5% pada tahun ini, dan 10% di tahun 2023.

Secara khusus, dia meminta kepada para pemimpin BUMN untuk legowo memberi kesempatan tidak hanya pada anak-anak muda Indonesia, namun juga para pemimpin perempuan.

“Kita tidak boleh stagnan, ini yang saya juga secara terbuka berbicara dengan para pimpinan BUMN, pasca Covid ini akan ada perubahan yang besar, kita mesti adaptasi,” katanya.

Dia menilai, kebutuhan untuk mengubah pola pikir dan model bisnis perusahaan di dasari pada analytical thinking and innovation, active learning and learning strategies, complex problem solving, dan leadership and social influence.(ilm)

  • Bagikan