Lumat Wales 4-0, Denmark Jadi Tim Pertama Lolos Perempat Final Euro 2020

Realitarakyat.com – Timnas Denmark melangkah ke babak perempat final Euro 2020 (Euro 2021) usai menang telak 4-0 atas Wales di babak 16 besar di Stadion Johan Cruijff Arena, Sabtu (26/6/2021).

Denmark unggul 1-0 lebih dahulu atas Wales pada babak pertama lewat tendangan Kasper Dolberg pada menit ke-27 dari luar kotak penalti.

Meski unggul, Denmark tidak mengendurkan serangan dan tetap menekan Wales pada awal babak kedua. Serangan tim asuhan Kasper Hjulmand itu membuahkan hasil.

Kasper Dolberg mencetak gol keduanya pada menit ke-48. Gol itu bermula dari umpan silang mendatar Martin Braithwaite yang gagal disapu bersih Neco Williams.

Bola dari blunder Williams itu justru mendarat di kaki Dolberg. Dengan tenang Dolberg melepaskan tendangan keras kaki kanan yang untuk kedua kalinya bersarang di gawang Ward.

Kapten Wales Gareth Bale mengajukan protes kepada wasit Daniel Siebert atas gol itu. Pasalnya, sebelum gol tersebut terjadi, striker Kieffer Moore lebih dahulu dijatuhkan kapten Simon Kjaer. Akan tetapi, usai meninjau VAR, wasit menyatakan gol Dolberg tetap sah.

Percobaan mencetak gol penyeimbang dilakukan Joe Allen pada menit ke-63. Akan tetapi, tendangan voli Allen masih melebar dari gawang Kasper Schmeichel.

Transisi dari bertahan ke menyerang Denmark cukup efektif. Itu tidak terlepas dari longgarnya pertahanan yang dilakukan Wales.

Pada menit ke-81, lewat serangan balik Martin Braithwaite kembali mengancam pertahanan Wales. Umpan silang Braithwaite dari sisi kanan membentur Joe Rodon yang mengarah tipis ke sisi kiri gawang Danny Ward. Sepak pojok untuk Denmark.

Braithwaite membuang peluang yang bisa membawa Denmark unggul 3-0. Pada menit ke-86, tendangan Braithwaite membentur tiang. Bola rebound dari Joachim Andersen juga hanya melebar.

Tertinggal dua gol rupanya membuat pertahanan Wales lengah. Menjelang laga usai, Wales kebobolan untuk ketiga kalinya, kali ini lewat gol Joakim Maehle pada menit ke-89.

Mathias Jensen dengan jeli melihat Maehle yang bergerak bebas di sisi kanan tanpa pengawalan pemain lawan. Umpan silang Jensen bisa dikuasai dengan baik oleh Maehle. Setelah mengecoh Ben Davies, Maehle melepaskan tendangan keras kaki kiri yang membobol gawang Ward.

Pada saat harus mengejar ketinggalan 0-3, Wales justru kehilangan satu pemain, Harry Wilson yang dikartu merah wasit Siebert karena melanggar Maehle dari belakang.

Denmark memanfaatkan dengan baik keunggulan jumlah pemain pada sisa pertandingan. Dalam masa injury time, Denmark menambah keunggulan jadi 4-0 lewat tendangan Braithwaite pada menit ke-90+4 usai menerima umpan Andreas Cornelius. Gol itu sempat dianulir karena Braithwaite dalam posisi offside.

Akan tetapi, lewat VAR wasit mengesahkan gol Braithwaite yang membuat Denmark unggul sekaligus menutup kemenangan dengan 4-0. Dengan kemenangan 4-0, Denmark melangkah ke perempat final Euro 2020.[prs]