Connect with us

MPR

Lestari MPR: Lonjakan COVID Karena Belum Disiplinnya Masyarakat Jalankan Prokes

Diterbitkan

Pada

Lestari MPR: Lonjakan COVID Karena Belum Disiplinnya Masyarakat Jalankan Prokes
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyoroti potensi peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 akibat mobilitas masyarakat selama pandemi. Menurutnya, membangkitkan kesadaran bersama untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan perlu menjadi program utama para pemangku kepentingan dan masyarakat.

“Data yang menunjukkan ribuan orang terpapar COVID-19 saat arus balik Lebaran tahun ini, sekali lagi menunjukkan bahwa pergerakan orang dari satu wilayah ke wilayah lain berpotensi meningkatkan penyebaran virus Corona,” kata Lestari dalam keterangannya, Selasa (1/6/2021).

Berdasarkan data Korlantas Polri yang dia kutip, selama operasi penyekatan pada arus balik Lebaran (15-31 Mei 2021) telah dilakukan swab antigen secara acak terhadap 357.883 orang dan didapati 1.466 kasus positif COVID-19.

Pihak Kepolisian juga mencatat 3,4 juta kendaraan keluar Jabodetabek dan 3,486 juta kendaraan masuk Jabodetabek selama arus mudik dan balik pada 12 April-31 Mei 2021.

Lestari menjelaskan meningkatnya penyebaran COVID-19 akibat mobilitas masyarakat juga dapat terkonfirmasi melalui data peningkatan jumlah keterisian rumah sakit di sejumlah daerah oleh pasien COVID-19.

Mengutip data Kementerian Kesehatan, Lestari mengungkapkan di beberapa kabupaten/kota saat ini terjadi peningkatan keterisian rumah sakit. Adapun daerah tersebut antara lain Aceh, sebagian kabupaten/kota di Sumatra Barat, Kepulauan Riau dan Provinsi Riau, di Jambi, sebagian Jawa Tengah, Kalimantan Barat, dan sedikit di Sulawesi.

“Semua pihak, seharusnya belajar dari kasus peningkatan penyebaran COVID-19 yang terjadi pascalebaran tahun lalu,” jelasnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem ini pun menjelaskan dari kasus sebelumnya, semua elemen bangsa seharusnya memahami bahwa mobilitas masyarakat berpotensi meningkatkan penyebaran virus Corona.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar seluruh pihak perlu disiplin menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak), serta menghindari kerumunan. Adapun upaya ini merupakan salah satu cara satu cara untuk menekan peluang penyebaran virus.

Meski demikian, hingga saat ini, Lestari menyebut membangkitkan kesadaran masyarakat untuk disiplin prokes masih menjadi persoalan. Bahkan, Lestari mengatakan masyarakat di sejumlah daerah masih menganggap COVID-19 tidak ada dan berkegiatan tanpa menerapkan prokes.

Hal ini tentunya menjadi tantangan yang harus dihadapi dalam membangkitkan kesadaran prokes saat ini. Pasalnya, tanpa persatuan dan kebersamaan masyarakat dalam menyikapi pandemi COVID-19, pengendalian penyebaran virus Corona di Tanah Air akan sulit direalisasikan.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

Terima PERMAHI, Bamsoet Dorong PERMAHI Kaji Pentingnya Haluan Negara

Diterbitkan

Pada

Penulis

Terima PERMAHI, Bamsoet Dorong PERMAHI Kaji Pentingnya Haluan Negara
Baca Berita

MPR

Gus Jazil: Orangtua Harus Menjadi Pelindung dan Contoh Bagaimana Menerapkan Protokol Kesehatan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Gus Jazil: Orangtua Harus Menjadi Pelindung dan Contoh Bagaimana Menerapkan Protokol Kesehatan
Baca Berita

MPR

Bamsoet Umumkan Pemenang Quiz film ‘Crazy Fast Indonesian 2’, Ini Pemenang Sepeda Motor Kuning Bamsoet!

Diterbitkan

Pada

Penulis

Bamsoet Umumkan Pemenang Quiz film 'Crazy Fast Indonesian 2', Ini Pemenang Sepeda Motor Kuning Bamsoet!
Baca Berita
Loading...