Legislator Golkar Ini Ingin Fokus Bantu Pulihkan Ekonomi Ketimbang Pikirkan Politik

  • Bagikan
demer
Anggota Komisi VI DPR Gde Sumarjaya Linggih/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih menegaskan pihaknya akan fokus membantu pemerintah memulihkan perekonomian yang terdampak pandemi COVID-19 ketimbang memikirkan masalah politik.

“Pasalnya, masih banyak program pemerintah terkait pemulihan ekonomi yang belum mencapai target sehingga DPR RI perlu terus mengawasi dan memberi dorongan kepada kementerian dan lembaga terkait, ” kata Demer pria ini akrab disapa dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/6/2021).

Komitmen Demer yang anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar itu fokus bekerja sejalan dengan instruksi Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Pak Airlangga Hartarto memerintahkan kepada saya untuk secepat mungkin membantu masyarakat. Pertama membantu penanganan kesehatan dan kedua penanggulangan ekonomi masyarakat,” terang Demer saat berbicara pada acara Sosialisasi Ultra Mikro di Denpasar, Bali, Sabtu.

“Bahkan, pak Airlangga Hartarto menekankan kepada kami agar jangan terlebih dahulu bicara politik. 2024 karena itu masih jauh,” kata dia.

Pemulihan ekonomi, kata Demer, akan jadi prioritas kerja dirinya mengingat sektor usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu benteng pertahanan ekonomi.

UMKM, merujuk catatan Demer, berkontribusi sekitar 61,1 persen pertumbuhan ekonomi nasional dan menyerap 97 persen dari total angkatan kerja.

Terkait itu, katanya, pemerintah mendorong pemulihan UMKM lewat alokasi dana bantuan sebesar Rp184,83 triliun.

Dana bantuan itu, kata dia, merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang total nilainya mencapai Rp699,43 triliun pada tahun 2021.
Artinya, sekitar 20 persen dana PEN dialokasikan untuk membantu sektor UMKM.

Kegiatan di Denpasar yang dihadiri Demer merupakan acara sosialisasi mengenai akses permodalan usaha bagi para pelaku usaha ultramikro dan program-program pemerintah yang prokelompok wirausaha.

Di samping perwakilan DPR RI, kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri Pimpinan Kanwil VII PT Pegadaian (Persero) Nuril Islamiah, CEO Regional BRI Bali Nusra Rudy Andimono, dan GM PT PNM Bali Jimy Firmansyah.[prs]

  • Bagikan