Lagi Elit PDIP Persilahkan Ganjar Capres dari Partai Lain

  • Bagikan
Lagi Elit PDIP Persilahkan Ganjar Capres dari Partai Lain
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – PDIP buka suara terkait Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang bisa maju calon presiden (capres) 2024 dari partai lain. PDIP mempersilakan hal itu.

“Kalau itu, dengar pendapat Mas Pacul, 25 Mei, hari Selasa. Kalau dia (Ganjar) maju, kan dipersilakan dari partai kan kalimat kamu itu. Sudah dijawab sama Mas Pacul, saya nggak boleh ngulang lagi sebagai kader. Kan udah ada yang jawab,” kata Wasekjen PDIP Utut Adianto kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/6/2021).

Sebelumnya, Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menakar peluang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024 tanpa dukungan PDIP. Hal ini menyusul isu PDIP kemungkinan akan mencalonkan Prabowo berpasangan dengan Puan Maharani.

SMRC awalnya memaparkan hasil analisis pemilih tiga calon teratas, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, tanpa menyertakan pemilih PDIP. Responden dalam survei ini ditanya ‘Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden di antara nama berikut?’. Hasil survei menunjukkan Ganjar Pranowo unggul dibandingkan dua kandidat lainnya tanpa pemilih PDIP.

“Ganjar mendapat dukungan terbanyak 35,5 persen disusul Prabowo 30,8 persen, dan Anies Baswedan 25,5 persen. Yang belum tahu 8,4 persen,” kata peneliti SMRC Saidiman Ahmad dalam rilis survei SMRC partai politik dan calon presiden: Sikap Pemilih Pasca 2 tahun Pemilu 2019, Minggu (13/6/2021).

Kemudian, SMRC juga memaparkan peluang Ganjar memenangi Pilpres 2024 apabila diusung partai selain PDIP. Hasilnya, Ganjar mungkin mendapat dukungan paling banyak dari PKB sebesar 68 persen, Partai Demokrat sebesar 40 persen, serta partai nonparlemen dan yang belum memutuskan mendukung partai mana.

“Ganjar juga mendapat suara cukup baik dari pemilih Golkar (36%), hanya sedikit di bawah Prabowo dari pemilih Golkar (41%). Ganjar juga mendapat suara lebih baik dari pemilih NasDem dibanding Anies,” jelasnya.[prs]

  • Bagikan