Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Indonesia Taklukan Thailand 86-69

  • Bagikan
Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Indonesia Taklukan Thailand 86-69
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Tim nasional bola basket Indonesia menekuk Thailand 86-69 untuk meraih kemenangan perdana dalam windows ketiga kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Angeles City Foundation Gym, Filipina, Minggu (20/6/2021).

Kemenangan tersebut disokong oleh dominasi Arki Dikania Wisnu dan kawan-kawan dalam beberapa aspek, seperti tripoin dan rebound.

Tingkat akurasi tembakan tiga angka tim Indonesia mencapai 44 persen atau 11 dari 25 percobaan tripoin, sedangkan Thailand mencatatkan 30 persen (6 dari 20), demikian catatan resmi FIBA.

Skuad asuhan Rajko Toroman itu juga mengalami peningkatan dalam aspek rebound. Indonesia, yang mencatatkan perbedaan hampir separuh dari rebound yang diamankan Filipina (31-58) dalam laga sebelumnya, kini unggul 44-35 dari Thailand.

Pemain naturalisasi Lester Prosper masih menjadi kontributor utama bagi timnas Indonesia dengan catatan double-double 22 poin dan 11 rebound, Andakara Prastawa menyumbang 19 poin, dan Abraham Damar Grahita dengan 15 poin.

Sementara bagi Thailand, perolehan angka mereka datang dari Nattakarn Muangboon (14), Chanatip Jakrawan (13), dan Chitchai Ananti (11).

Hasil itu membuat Indonesia menduduki peringkat ketiga klasemen Grup A dengan koleksi delapan poin dengan catatan dua kemenangan dan empat kekalahan, di bawah Filipina (10) dan Korea Selatan (9). Sedangkan Thailand (6) menghuni juru kunci grup dengan catatan nirkemenangan.

Dominasi Indonesia sudah terlihat sejak menit-menit awal berkat empat tripoin akurat yang dilesakkan oleh Andakara Prastawa, Hardianus Lakudu, dan Abraham Damar Grahita untuk membawa Indonesia unggul 21-18 pada kuarter pertama.

Keunggulan itu mampu dijaga pada kuarter berikutnya. Beberapa tembakan tiga angka akurat lagi-lagi membawa Indonesia melejit unggul hingga 17 poin untuk menutup paruh pertama pertandingan dengan skor 49-32.

Pada kuarter ketiga, Indonesia sempat kehilangan permainannya, sedangkan Thailand juga tidak menyerah untuk mengejar ketertinggalan mereka hingga mampu mengikis selisih poin menjadi 67-54.

Memasuki kuarter keempat, timnas Indonesia kembali menampilkan permainannnya namun dengan lebih tenang dan sabar dalam mengeksekusi serangan.

Hingga pada akhirnya, 19 poin tambahan yang diraup mereka pada kuarter keempat memastikan kemenangan Indonesia dengan skor akhir 86-69 atas Thailand. (ndi/ant)

  • Bagikan