KPU Hibahkan 393 Thermogun Bekas Pakai Ke Pemko Tanjungbalai 

Realitarakyat.com – Sebanyak 393 unit alat pendeteksi suhu tubuh atau thermogun bekas pakai dihibahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungbalai ke Pemko Tanjungbalai. Penyerahan thermogun bekas pakai itu dilakukan oleh Sekretaris KPU Tanjungbalai, Khairul Walad didampingi Komisioner KPU Divisi Teknis, Muhammad Guntur kepada Pemkot Tanjungbalai yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Nurmalini Marpaung di Aula Thamrin Munthe, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Rabu, (9/6).

Menurut Komisioner KPU, Muhammad Guntur, thermogun yang dihibahkan tersebut merupakan alat yang dipakai pihaknya dalam rangka mendukung kelancaran Pilkada Kota Tanjungbalai pada tahun 2020 lalu. Dan, lanjutnya, walaupun sudah pernah dipakai, namun kondisi dari seluruh thermogun yang diberikan itu, masih dalam kondisi baik serta layak pakai.

“Kami harap thermogun ini dapat membantu Pemko Tanjungbalai dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai. Selain itu, penghibahan ini juga sebagai bentuk kesadaran dan kontribusi dari KPU Kota Tanjungbalai untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Tanjungbalai ini,” ujar Muhammad Guntur.

Hadir mewakili Pemko Tanjungbalai, Nurmalini Marpaung, mengucapkan terima kasih kepada KPU Kota Tanjungbalai atas hibah thermogun tersebut karena saat ini, Pemko Tanjungbalai juga sangat membutuhkannya untuk mendukung upaya mencegah dan menekan angka penularan dan penyebaran Covid-19 di Kota Tanjungbalai. Katanya, sebelum diteruskan pengelolaannya ke Dinas Kesehatan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya, akan terlebih dahulu dicatatkan menjadi inventaris dari  Dinas Kesehatan, Kota Tanjungbalai.

“Alat ini sangat dibutuhkan di tengah kondisi pandemi yang masih melanda sekarang ini, bukan saja di Indonesia, juga di seluruh dunia. Selanjutnya, setelah dicatatkan sebagai barang inventaris, akan segera dipergunakan oleh Dinas Kesehatan, Kota Tanjungbalai,” ujar Nurmalini Marpaung didampingi Kepala Dinas Kesehatan Burhanuddin Harahap, Kabid Aset Safrida, Bagian Hukum Setdakot Tanjungbalai, Bagian Pemerintahan dan Otda serta Dinas Kominfo Kota Tanjungbalai.

Acara tersebut diakhiri dengan penandatanganan berita acara penyerahan hibah Thermogun dari Sekretaris KPU Kota Tanjungbalai Khairul Walad kepada Pemko Tanjungbalai serta penyerahan Thermogun secara simbolis kepada Dinas Kesehatan Tanjungbalai yang diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan, Burhanuddin Harahap, SKM,M.Kes.(ign)