KPK Klaim Kamis Besok Pimpinannya Bakal Penuhi Panggilan Komnas HAM

  • Bagikan
KPK
KPK/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengakui telah menerima perwakilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yakni Kepala Biro Hukum dan Plt Kepala Bagian Litigasi KPK pada Senin (14/6) kemarin.

Kehadiran perwakilan KPK itu sebagai respon dari pemanggilan kedua yang dilayangkan Komnas HAM untuk meminta keterangan Pimpinan KPK terkait proses asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai lembaga antikorupsi.

“Kemarin sore menjelang malam udah petang begitu teman-teman kolega kami di KPK, pimpinan KPK mengirimkan surat kepada Komnas HAM atas panggilan kedua dan balasan surat kami. Jadi minggu kemarin kami mengirimkan dua surat satu surat panggilan dan satu surat respon atas pertanyaan,” kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/6/2021).

Dalam Komnas HAM yang diwakili oleh Anam dan sejumlah jajaran lainnya menjelaskan mengenai aspek hak asasi yang sedang didalami Komnas HAM terkait proses TWK kepada perwakilan KPK.

Di mana, Pimpinan KPK bersedia memenuhi panggilan Komnas HAM untuk diklarifikasi terkait dugan pelanggaran dalam TWK. Firli Bahuri Cs berencana mendatangi Komnas HAM pada Kamis (17/6) pekan ini.

“Jadi kamis besok kolega kami, KPK akan datang, akan mempersiapkan apa saja yang memang dibutuhkan untuk proses pendalaman, proses informasi, proses klarifikasi, dan mungkin juga akan disiapkan oleh teman-teman KPK proses penjelasan yang lebih komprehensif,” ucap Anam.

Anam berharap dalam dalam pertemuan nanti, pihaknya bisa menggali keterangan terkait polemik peleksanaan TWK. Hal ini juga sekaligus untuk mengklarifikasi data-data yang didapat Komnas HAM dari sejumlah pihak, termasuk pihak pelapor yakni 75 pegawai KPK yang gagal TWK.

“Semoga pertemuan hari kamis tersebut pengambilan keterangan benar-benar terjadi. Kami di Komnas HAM mendapatkan informasi yang banyak, itu harapannya, dan mendapatkan klarifikasi yang banyak itu harapan mendapatkan penjelasan yang lebih konperhensif itu juga harapannya,” tegas Anam.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri menyatakan Kepala Biro Hukum dan Plt Kepala Bagian Litigasi KPK telah mendatangi Komnas HAM pada Senin (14/6) kemarin.

“Kedatangan tersebut diterima oleh Choirul Anam selaku Komisioner, Kepala Biro Hukum Penyelidikan dan Pemantauan, serta Fungsional Penyelidik Komnas HAM,” ungkap Ali.

Ali menyampaikan, Komnas HAM telah memberi penjelasan informasi yang diperlukan terkait aspek HAM yang akan dikonfirmasi, dalam proses TWK.

Dia menyebut, penjelasan inilah yang sebelumnya tidak tertuang dalam surat balasan Komnas HAM kepada KPK.

“KPK selanjutnya akan membahas dan menyiapkan Informasi yang diperlukan komnas HAM dimaksud,” ucap Ali.

Juru bicara KPK bidang penindakan ini menuturkan, koordinasi dan komunikasi yang baik ini, sebagai bentuk komitmen KPK menghormati tupoksi Komnas HAM. “Sekaligus untuk memperoleh gambaran informasi yang dibutuhkan Komnas HAM,” pungkas Ali.[prs]

  • Bagikan