Komisi V DPR Harap BMKG Lebih Akurat Sampaikan Informasi Tekait Kebencanaan

  • Bagikan
Komisi V DPR Harap BMKG Lebih Akurat Sampaikan Informasi Tekait Kebencanaan
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhamad Arwani ThoSekretaris Jenderal DPP PPP Arwani Thomafi /NET/IST
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhamad Arwani Thomafi berharap, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ke depan bisa lebih tepat ketika menyampaikan informasi terkait kebencanaan di masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau sarana dan prasarana yang dimiliki Stasiun Klimatologi Kelas I Bogor yang merupakan salah satu fasilitas pendukung layanan info BMKG dalam mengantisipasi bencana.

“Kita tahu juga beberapa hari yang lalu, mendengar ada bagaimana BMKG menyampaikan informasi yang kita kita terima dan ternyata salah kirim dan sebagainya. Jangan sampai terjadi lagi karena masyarakat, stakeholder semuanya bukan hanya pemerintah, sangat membutuhkan informasi dari BMKG ini. Terutama terkait dengan cuaca, terkait dengan bagaimana kita antisipasi terhadap potensi kemungkinan adanya bencana dan lain sebagainya,” ucap Arwani, di Stasiun Klimatologi Kelas I Bogor, Rabu (16/6/2021).

Arwani melanjutkan, Komisi V DPR RI sangat fokus untuk memastikan BMKG ini menjadi lebih baik dan lebih siap dan pada akhirnya benar-benar menjalankan fungsinya sesuai harapan masyarakat.

“Tidak hanya soal cuaca nantinya tetapi juga bagaimana ini mampu menjadi suplai informasi bagi data, suplai data bagi teman-teman di bidang pertanian misalnya dan juga di bidang-bidang yang lain. Intinya kita harapkan BMKG harus lebih baik lagi melalui kunjugan ini, kita akan dukung, rasionalisasi terkait dengan kebutuhan anggaran dari BMKG agar bisa lebih baik lagi,” katanya.

Terkait sarana prasarana termasuk juga SDM, politisi Fraksi PPP ini berharap agar BMKG terus dikembangkan agar lebih maju, lebih adaptif terhadap perkembangan zaman.

“Termasuk juga terkait dengan perkembangan teknologi informasi, bagaimana memanfaatkan teknologi informasi itu untuk kepentingan BMKG ini,” pungkasnya. (ndi)

  • Bagikan